Share
Inspirasi Padu Padan Busana Musim Dingin Pasca Liburan di Iklim Tropis
Adelia Ayu
08 January 2021

Dengan pemilihan bahan dan gaya padu-padan yang tepat, gaya fashion musim dingin sisa liburan akhir tahun Anda dapat diaplikasikan di iklim tropis.


Identik dengan pieces berupa sweater tebal, turtleneck, windbreaker, coat dan syal berbahan hangat dan tebal seperti wool, busana Fall/Winter sering tidak dapat diaplikasikan di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Selain tidak cocok dengan cuaca panas yang membuat tubuh lebih lembab, pemakai gaya fashion musim dingin di negara tropis akan dicap 'saltum' apabila tidak pandai memadu-madankan gayanya.

Kunci mix ‘n match busana musim dingin yang tepat adalah hanya menggunakan satu pieces khas di dalam sebuah tampilan, seperti syal tebal yang dipadu-padankan dengan sleeveless dress atau sweater dengan rok atau celana berbahan ringan seperti katun atau sheer fabric. Berikut sederet inspirasi pakaian musim dingin koleksi liburan Anda yang dapat diaplikasikan agar tidak terlihat 'saltum' di negara bercuaca panas.

Sweater Weather

Pastikan Anda memilih bahan sweater yang ringan dan berukuran oversized seperti gaya berikut. Padu-padan antara tie wrist jumper J.W. Anderson dengan pleated skirt berbahan sheer cocok dipakai di udara panas. Meski terkesan berat, sweater berukuran longgar memungkinkan sirkulasi udara yang lebih lancar untuk menghindari kulit lembab dan keringat berlebih. Dilengkapi dengan statement skirt beraksen hologram, sweater/jumper polos terlihat lebih hidup dan bold.

Get Jacket

Tidak ada salahnya jika Anda ingin tampil dengan jaket ikonik khas musim dingin – puffer jacket. Pastikan jaket yang Anda pakai tidak terlalu menggembung dan dikombinasikan dengan material yang lebih ringan seperti wool dan berukuran kecil agar tidak 'saltum'. Untuk tampilan yang lebih kasual dan chic, padu-padankan jaket dengan celana jins bell bottom dengan aksen fringe dan slinged back kitten heels dua warna yang memberi kesan tone down pada puffer jacket.

Fake Fur Realness

Bahan fake fur yang tebal sering dipakai untuk menghangatkan tubuh di musim dingin yang tampak kurang tepat dipakai di negara tropis. Siasati dengan pemilihan potongan yang tepat apabila Anda menyukai classic pieces ini. Potongan cold shoulder dapat membuat udara lebih masuk dan mengurangi kesan heavy pada bahan fake fur. Pastikan untuk memilih warna netral cerah seperti putih untuk mengurangi kesan over-the-top dan menyamarkan tekstur bulu.

Fresh Coat of Layers

Berbeda dengan sederet fashion pieces di atas, coat telah menjadi pakaian yang sering digunakan di negara tropis karena cocok digunakan saat hujan maupun di dalam suasana formal seperti kantor dan berbagai acara. Cukup dengan memakai pakaian berkesan ringan seperti kaus dan skinny jeans berwarna senada seperti hitam atau putih, coat panjang Anda terlihat lebih kasual dan cocok diaplikasikan di iklim tropis. Tipsnya? Pilih tone warna coat netral polos seperti nude dan monokrom untuk menghindari kesan heavy dan memusatkan perhatian pada pieces tersebut.

Shawl We Dance?

Buat tampilan gaya Anda lebih terkesan vibrant dengan syal warna-warni berbahan katun yang cocok dengan iklim tropis. Kunci tampilan ini adalah pilih syal berukuran besar untuk memberi kesan kasual dan hindari menggunakan syal dengan menumpuk atau menyilangkannya di bagian leher atau menaruhnya di area pundak karena dapat membuat tampilan Anda terkesan berat dan tidak sesuai tempat. Ikat syal dengan statement belt sehingga membentuk siluet seperti blouse untuk memberi kesan kasual.