Share
Inspirasi Outfit Bertema Dark Academia Aesthetic Tren untuk Dikenakan Sehari-Hari
Irma Luthfiya
29 April 2022

Untuk mendapatkan estetika Dark Academia, mulailah dengan hal-hal penting, seperti kancing putih, celana panjang kotak-kotak, blazer wol, dan mantel besar.


Belakangan estetika Dark Academia banyak dianut oleh orang kulit hitam atau berwarna, masyarakat asli, komunitas queer, dan siapa saja yang menyukai gaya ini. Sejatinya yang menjadi ciri khas dari estetika ini yaitu celana kotak-kotak, kemeja berkancing, dengan lapisan berwarna netral. Bagaimana memadupadankan outfit bertemakan Dark Academia Aesthetic Tren, simak ulasannya.

Blazer Tweed

Fitur utama dari estetika Dark Academia adalah identik dengan seragam, seperti blazer wol. Jika blazer terlalu besar, Anda dapat menggulungnya hingga di ujung lengan, atau disesuaikan agar pas dengan Anda. Anda juga dapat memadukan kemeja berkancing dengan sweater rajutan. Sebagai alternatif, kenakan turtleneck dalam warna gelap atau netral dengan bawahan celana panjang kotak-kotak, atau rok setengah panjang. Untuk nuansa yang lebih autentik, tiru warna-warna yang biasa dikenakan di lingkungan sekolah atau universitas.

Mantel Wol Gelap

Di seluruh film dan acara TV Dark Academia, Anda akan menemukan setidaknya satu adegan yang dibuat selama bulan-bulan dingin. Konsep layering bukanlah hal baru, tetapi dalam estetika ini, itu hampir menjadi sebuah hal yang wajib. Gunakan mantel wol gelap untuk menambah kesan dark dan tentu akan membuat diri Anda merasa lebih hangat. Panjang pakaian luar biasanya tidak masalah, dapat Anda sesuaikan dengan sub-budaya estetika yang Anda tiru.

Kemeja Putih

Anda mungkin sedang merasa berada di perpustakaan atau berlari melalui aula museum, ketika melihat estetika Dark Academia melalui referensi ke dunia sastra. Anda dapat menggunakan kemeja putih berkancing ataupun blus renda. Gaya ini tidak lekang oleh waktu dan tampak hebat dengan perpaduan gaya yang berbeda. Untuk gaya kasual dan modern, padukan dengan sweater chunky dan celana kotak-kotak atau Anda dapat mengganti bagian bawahnya dengan pinafore, dan Anda akan terlihat lebih chic.

Tailored Pants

Sama seperti film, buku, dan acara TV yang mengilhami estetika ini, tailored pants menjadi item pokok untuk lemari pakaian semua orang. Pakaian ini menjadi serbaguna dan sempurna untuk semua tipe tubuh. Kunci untuk membuat pakaian ini menyerupai sesuatu yang lebih resmi adalah layering dan disesuaikan dengan palet warna yang Anda pilih, namun tetap menggunakan warna yang lebih gelap untuk bagian bawah tubuh Anda. Anda juga bebas untuk berpakaian gelap atau terang sesuai dengan yang Anda inginkan ataupun bebas untuk memilih aksesoris untuk melengkapi penampilan.

Sepatu Boot Coklat atau Hitam atau Oxfords

Seringkali salah satu bagian berpakaian yang paling diabaikan namun penting untuk estetika ini adalah sepatu yang Anda kenakan. Jenis sepatu yang cocok untuk tema ini adalah brogues, oxfords, loafers, atau ankle boots yang memiliki desain praktis dan akan membuat Anda terlihat rapi dan terawat. Pilihan warna terbaik untuk alas kaki ini yaitu coklat dan hitam, karena cocok dengan hampir semua pakaian dan cocok untuk semua jenis cuaca.

Jika Anda berencana mengenakan rok, pilih sepatu yang memperlihatkan pergelangan kaki, sehingga akan menciptakan ilusi kaki yang lebih panjang. Sebenarnya Anda bisa mengenakan celana panjang model apa saja, tetapi jika mau, Anda juga bisa memamerkan alas kaki baru Anda dengan menggulung bagian bawah celana Anda.