Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Inspirasi Manis dari Floral Print, Tren Fashion 2022 yang Beraksen Feminin

Fashion18 October 2021

By Adelia Ayu

 Inspirasi Manis dari Floral Print, Tren Fashion 2022 yang Beraksen Feminin

Sempat booming di tahun 1970’an dan pertengahan 2000, floral print kembali merajai sederet ajang fashion week Spring/Summer 2022 dengan permainan bahan dan motif yang lebih unik.


Tren fashion selalu datang dan pergi tiap tahunnya, tapi ada beberapa pieces yang tidak pernah lekang oleh waktu atau biasa disebut versatile. Salah satunya adalah floral print. Dapat dipakai di berbagai macam gaya, motif bunga membuat pemakainya terlihat lebih elegan dan feminin melalui lekuk pattern dan komposisinya.


Berbeda dengan print bertema floral yang hanya berupa cetakan pada kain seperti yang sempat booming di tahun 1970 dan 2000’an, penambahan pola floral berupa embroidery dan patches memberi warna baru dan kesan moderen pada tren ini. Berikut rekomendasi tampilan fashion berbasis floral print, salah satu tren yang diprediksi akan muncul di tahun depan:


Painted Print



Untuk Anda yang sudah bosan dan tidak ingin terlihat sama dengan floral print yang dicetak secara mass, Anda dapat mencoba print bunga beraksen lukisan tangan seperti foto di atas. Garis tajam dan gradasi warna membuat tampilan tidak terkesan umum dan lebih terlihat fashionable. Tipsnya, hindari pemakaian print secara penuh pada kain putih untuk menghindari kesan heboh. Sebaliknya, print beraksen penuh pada kain hitam akan membuat baju Anda tampak lebih menonjol.


Flower Child



Masih ingat tren baju anak perempuan di mana kain berbentuk bunga dijahit mengelilingi bagian tepi atau bawah gaun? Tekhnik tailoring yang sama terlihat lalu-lalang di beberapa pieces pada ajang fashion week Spring/Summer 2022 kemarin. Dengan penambahan aksen bunga, tampilan Anda terlihat lebih feminin dan unik dari sekadar memakai kain bermotif floral. Taruh bunga kain secara abstrak agar menghindari kesan penuh.


Petal Jeans



Floral pattern tidak selalu hanya cocok digunakan untuk blus dan gaun saja. Anda dapat menambahkan motif bunga pada celana jeans untuk memberi kesan feminin yang kasual. Untuk membedakan jeans Anda dengan celana print kain pada umumnya, tampilkan bunga melalui embroidery patches berukuran besar yang diletakkan berjarak mengikuti alur celana Anda.


Arrange the Flower



Floral print yang padat dan berwarna earth tone dapat membuat tampilan lebih terlihat tua. Untuk mensiasatinya, coba gaya berikut dengan memadukan print bunga dengan motif lain seperti polkadot dan garis. Penggabungan motif memberi kesan fresh dan fashionable. Apabila motif bunga berukuran besar, motif pelengkap harus berukuran lebih kecil agar terlihat pas secara komposisi.


Sequin Queen


Buat Anda yang senang tampil glamor, look satu ini cocok untuk Anda. Pemakaian sequin pada motif bunga di pakaian, membuat tampilan lebih glowing dan mewah. Selain terlihat gemerlap, tekhnik ini juga membuat pakaian Anda lebih tampak mahal. Selain sequins, penggunaan beads atau glitter juga dapat menciptakan aksen sparky.


Petal to the Metal



Tidak hanya terbatas pada gaya fashion girly dan classy, floral pattern juga cocok digunakan untuk street style bergaya rock chic seperti yang satu ini. Apabila jaket denim floral sudah terlalu mainstream, ubah jaket kulitmu menjadi lebih trendy dengan penambahan patches atau embroidery bunga. Padukan jaket kulit beraksen bunga dengan rok floral berwarna hitam untuk memberi kesan gothic namun chic.