Share
Inspirasi Berkain, Tren Fesyen yang Melestarikan Budaya Indonesia
Irma Luthfiya
18 March 2022

Tampil modern dan modis dengan kain sudah menjadi rahasia umum. Berikut paduan gaya berkain yang bisa menjadi pilihan anda untuk ikut melestarikan budaya Indonesia!


Indonesia memang terkenal sebagai negara yang kaya akan budaya-nya, salah satu budaya nya yang dikenal luas di dunia yaitu kain batik hingga kain songket. Sejak dulu, para masyarakat di Indonesia telah biasa menggunakan kain sebagai pakaian yang dikenakan sehari-hari, namun sayangnya sejak abad ke-19 kebiasaan tersebut perlahan luntur terbawa perubahan zaman.

Sempat ramai pada 2020-2021 lalu ternyata tren berkain masih banyak digunakan saat ini. Selain terlihat berbeda dari yang lain, berkain juga mampu menjadi salah satu cara melestarikan budaya khususnya batik. Munculnya tren ini juga membuat kreatifitas berbusana kian beragam.

Untuk Anda yang ingin mencoba berkain namun bingung bagaimana padu-padannya, simak 5 cara memadupadankan kain menjadi outfit yang elegan dan modis!

1. Perpaduan Kain Sebagai Bawahan

Perpaduan kain sebagai bawahan style tentu tidak pernah salah, kain serut atau rok lilin ini bisa dipadukan dengan bahan apapun sesuai dengan keinginan Anda dan Anda akan tetap terlihat modis. Jika Anda menginginkan penampilan yang sedikit formal, padukan kain dengan blazer atau jika ingin terlihat santai, kaos dan cardigan bisa menjadi solusi yang tepat.

2. Paduan Kain Sebagai Atasan

Tidak hanya sebagai bawahan, ternyata menggunakan kain sebagai atasan dapat menjadi pilihan yang tepat. Terdapat banyak sekali tutorial model kain sebagai atasan yang bisa Anda akses dimanapun. Mulai dari atasan sejenis kemben sampai outer bisa menjadi pilihan untuk Anda!

3.Paduan Kain Sebagai Dress

Ingin yang lebih mudah? Penggunaan kain sebagai dress bisa menjadi solusinya! Penggunaan kain menjadi dress ini pun bisa menghasilkan look yang beragam dari formal sampai casual! Dress kain pun bisa Anda padukan dengan outer untuk tampilan yang lebih menarik, seperti blazer, cardigan, maupun outer brokat.