Share
Inovasi dan Dedikasi dr. Ayu Widyaningrum dalam Mengembangkan Dermatologi Estetika di Indonesia
Dewi Anggriani Siregar
24 July 2024

“Seorang wanita sukses tidak diukur dari seberapa tinggi karier yang ia capai. Wanita sukses adalah wanita yang mampu menempatkan diri dan mengelola waktu dengan baik antara karier dan keluarga, sehingga keduanya tetap utuh dan bahagia.”


Bagi dr. Ayu Widyaningrum, MM, Magister AAAM, dan Magister IBAMS, kecantikan memiliki sebuah arti yang sangat luas. Sebagai dokter aesthetic dermatology, dia bersemangat membantu wanita di mana pun untuk mendapatkan kecantikan, keanggunan, dan tampil lebih awet muda, sehingga meningkatkan kepercayaan diri mereka. Didorong oleh komitmen terhadap profesinya, ia selalu menjadi yang terdepan dalam merintis kemajuan baru di bidang dermatologi. Dedikasinya yang tak tergoyahkan terhadap keunggulan telah membuka jalan bagi kesuksesannya yang luar biasa.

“Saya percaya bahwa kecantikan bukan hanya tentang penampilan luar—tetapi juga tentang pancaran batin yang berasal dari kesejahteraan psikologis. Tingkat stres kita secara signifikan dapat memengaruhi penampilan dan perasaan kita,” ungkapnya.

dr. Ayu Widyaningrum saat ini bekerja di klinik estetika ternama yaitu Widya Esthetic Clinic, salah satu klinik Pratama di Kalimantan Selatan yang fokus pada bidang dermatologi estetika. Klinik ini menyediakan layanan rekonstruksi wajah seperti botox, fillers, laser skin, anti-aging treatments, stem cell therapy, embryonic cell therapy, dan placenta therapy.

Selain sebagai aesthetic dermatology, dr. Ayu Widya aktif terlibat dalam berbagai kegiatan, termasuk kongres dan workshop internasional yang berpusat pada stem cell therapy. Dia yakin bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk menggali lebih dalam potensi stem cell yang diturunkan dari tubuh manusia. Menurutnya, sel yang paling efektif adalah sel yang diambil dari tubuh manusia dan kembali ke tubuh manusia, karena proses ini dapat mendorong regenerasi sel yang unggul bila didukung oleh peralatan dan laboratorium yang canggih.

dr. Ayu Widya telah berpartisipasi dalam berbagai kongres di Australia dan Eropa dan telah meningkatkan keahliannya dalam stem cell therapy di Taipei dan Jepang karena stem cell terbaik berasal dari Jepang dan Jerman seperti yang ia gunakan. Ia menyoroti betapa pentingnya pemilihan produk yang aman secara hati-hati. dr. Ayu Widya berkomitmen untuk memastikan perawatan estetika dermatologinya aman, terutama bagi pasiennya di Indonesia yang memiliki kondisi khusus seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan pemulihan pasca kanker.

Berfokus pada kualitas daripada kuantitas, dr. Ayu Widya membangun Widya Esthetic dengan terus mengembangkan inovasi mutakhir di bidang dermatologi estetika. Baru-baru ini, dr. Ayu Widya memperkenalkan luxury booster treatment yang dirancang agar pasien mendapatkan hasil instant glow, khususnya bagi pasien yang tengah menjalani perawatan untuk kondisi seperti diabetes atau pasca kemoterapi. Menurut dr. Ayu Widya, 80–90% perawatan mewah ini aman untuk individu berusia di atas 20 tahun, dengan efek samping minimal.

Tidak hanya itu, dr Ayu juga mengembangkan placenta skin treatments di kliniknya. Plasenta skin sendiri merupakan treatment anti aging tanpa benang dan botok yang berasal dari umbilical cord stem dan merupakan yang pertama di Indonesia, tersedia secara eksklusif di Klinik Widya Estetik. Selain itu, ia menawarkan alternatif yang lebih aman dibandingkan operasi plastik dengan reconstructive face lifting, prosedur tanam benang yang ideal bagi pasien yang khawatir dengan operasi bedah.

dr. Ayu Widya berupaya mengembangkan terapi sel induk yang dibawanya dari Jerman untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Terapi ini bertujuan untuk mengatasi diabetes, menyembuhkan pankreas, dan mendukung pemulihan setelah kanker dan stroke. Perawatan ini melibatkan penyuntikan antara 500.000 dan 3.000.000 sel, dengan disesuaikan oleh kebutuhan setiap pasien, yang bertujuan untuk meregenerasi sel-sel saraf dan memulihkan fungsi organ dengan pemantauan ketat untuk hasil terbaik.

Meski memiliki segudang kesibukan, dr. Ayu Widya selalu merasa aman dan bersemangat dalam menjalani pekerjaannya. Melakukan aktivitas di luar perannya sebagai dokter estetika terasa seperti liburan dan healing baginya, karena dapat memberikan berbagai manfaat untuk banyak orang. dr. Ayu Widya juga menyampaikan harapannya agar ke depannya, stem cell therapy dapat dikembangkan lebih lanjut di Indonesia karena memiliki potensi yang baik dalam pengobatan berbagai macam penyakit seperti diabetes, stroke, osteoartritis, penyakit autoimun, bahkan HIV. Lebih lanjut, ia juga berharap dapat lebih menyeimbangkan waktunya antara karier dan keluarga, demi mencapai kehidupan yang lebih harmonis.