Inilah Tren Makeup Jepang yang Diprediksi Akan Susul Tren Makeup

Beauty03 September 2021

By Adelia Ayu

Inilah Tren Makeup Jepang yang Diprediksi Akan Susul Tren Makeup

Menonjolkan gaya blush on ‘Igari’ dan ‘droopy eyelid’ a la karakter anime, tren makeup Jepang siap kuasai pasar global dengan tampilan cartoon-ish dan youthful.


Menyusul suksesnya tren kecantikan dan makeup Korea yang berhasil menguasai pasar global, tren makeup Jepang siap bersaing dengan produk dan tampilan unggulan a la Negeri Ginseng. Berbeda dengan makeup Korea yang menampilkan kulit yang glowing, makeup Jepang lebih menekankan pada karakter kulit yang natural dan terlihat cerah.

Berbeda dengan tren kecantikan Korea yang menyukai alis yang sejajar dan merapikannya dengan brow gel, beauthy enthusiast Jepang lebih memilih untuk mengisi volume alis tanpa merubah bentuk aslinya serta mewarnainya dengan eyebrow coloring dengan brow powder. Makeup Korea dan Jepang bertujuan menciptakan tampilan innocent dan wide-eyed, tetapi merias mata dengan cara berbeda. Apabila Korea memakai lighter shade untuk mebuat tampilan aegyosal, Jepang lebih menyukai tampilan eyeshadow natural seperti cokelat dan droopy eyes a la karakter anime.

Meski memiliki persamaan dalam pemilihan tone warna blush on, makeup Korea dan Jepang memiliki cara pengaplikasian yang berbeda. Tren makeup Jepang memakai gaya ‘Igari’ dengan warna nude atau cherry yang diaplikasikan pada bagian bawah mata, berbeda dengan tren Korea yang memakai warna peachy/pink dan membubuhkannya pada tulang pipi ke arah hidung.

Selain pengaplikasian blush on dan eyeshadow, penggunaan pewarna bibir kedua tren makeup ini sangat berbeda. Wanita Jepang lebih menyukai bibir glossy dengan warna merah dan pink. Berbeda dengan Jepang, wanita Korea merupakan penggemar dari gaya bibir gradasi dan blurred dengan pilihan warna oranye, merah coral dan peach.