Inilah Tips Merawat Kuku agar Tidak Mudah Patah dan Rapuh
Dewi Anggriani Siregar
12 October 2022

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan, khususnya bagi para kaum hawa. Memiliki kuku yang indah dan sehat tentu menjadi idaman setiap orang.


Namun seringkali kita mengalami kuku yang rapuh dan mudah patah sebelum tingkat kepanjangan yang diinginkan. Layaknya bagian tubuh yang lain, kuku juga membutuhkan perawatan khusus untuk menjaganya agar tetap sehat.

Salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan alami. Berikut adalah beberapa tips merawat kuku agar tetap sehat dan tidak mudah patah.

Gunakan Pelembab Kuku

Tidak hanya tubuh dan wajah, kuku juga memerlukan pelembap untuk membuatnya tetap sehat dan tidak mudah kering. Pelembab dapat mengurangi timbulnya retak dan pecah-pecah pada kuku.

Kurangi Nail Art dan Pewarna Kuku

Meski indah dan terlihat sangat menarik, penggunaan nail art dan pewarna kuku berlebihan dan terus-menerus justru dapat membuat kuku semakin rapuh. Hal ini karena bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam cat kuku. Selain itu, penggunaan nail art juga dapat menghambat pertumbuhan kuku.

Gunakan Bahan Alami

Ada banyak bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk merawat dan menjaga kuku agar tetap sehat dan kuat. Salah satunya adalah minyak zaitun. Terkenal zat pelembapnya, minyak zaitun mampu melembapkan dan membantu pertumbuhan kuku.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan bahan alami lainnya seperti bawang putih jeruk nipis dan lidah buaya yang memiliki kandungan baik untuk membuat kuku Anda jauh lebih sehat, kuat, dan bersinar.