Share
Inilah Tips Ampuh Merawat Rambut Agar Tetap Sehat dan Hitam Berkilau
Dewi Anggriani Siregar
11 October 2022

Memiliki rambut sehat, hitam dan berkilau merupakan idaman setiap wanita. Seringkali berbagai cara dilakukan demi mendapatkan rambut hitam seperti yang diharapkan hingga merogoh kocek untuk mewarnai rambut.


Namun sayangnya, mewarnai rambut tidak selalu menjadi solusi yang baik untuk mendapatkan rambut yang hitam dan sehat berkilau. Alih-alih membuatnya menjadi lebih indah, mewarnai rambut dalam jangka panjang justru dapat menimbulkan masalah-masalah lain karena kandungan kimiawi yang terkandung di dalam pewarna rambut.

Merawat rambut secara alami merupakan salah satu cara tepat yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal dan tahan lama. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat rambut agar tampak hitam dan berkilau.

Beri Nutrisi pada Rambut

Layaknya tubuh kita, rambut juga memerlukan nutrisi yang cukup agar terawat secara maksimal. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi protein yang berperan penting untuk rambut. Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, lidah buaya, dan mangga.

Gunakan Rangkaian Perawatan Alami

Layaknya memberi nutrisi dan menggunakan bahan-bahan alami seperti di atas, usahakan Anda juga menggunakan rangkaian produk perawatan rambut yang berbasis bahan-bahan alami termasuk sampo dan conditioner.

Lindungi dari Sinar Matahari

Melindungi rambut dari sengatan sinar matahari langsung merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan rambut hitam berkilau. Usahakan untuk selalu menggunakan penutup kepala seperti topi atau scarf ketika Anda sedang berada di bawah terik matahari seperti di pantai atau tempat lain yang memiliki intensitas cahaya matahari tinggi.

Gunakan Masker Rambut

Selain mengaplikasikan sampo dan conditioner pada rambut, usahakan untuk menggunakan hair mask sebagai perawatan mingguan. Masker rambut juga dapat membantu menutrisi rambut dan membuatnya tampak lebih hitam berkilau.

Perlakukan dengan Lembut

Meski sepele, memperlakukan rambut dengan lembut merupakan salah satu hal penting yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan rambut yang sehat. Sesekali mungkin Anda perlu melakukan pijat kepala untuk membantu memperlancar sirkulasi darah. Selain itu hindari penggunaan alat hair styling rambut seperti hair dryer, catokan dan alat lainnya. Jangan lupa juga untuk selalu melepas kunciran rambut Anda saat tidur agar kulit kepala rileks dan rambut tetap sehat, hitam, dan berkilau.