Share
Inilah Tanda-tanda Tubuh Anda Kekurangan Produksi Kolagen
Dewi Anggriani Siregar
20 April 2023

Kolagen adalah salah satu protein penting yang menyusun tubuh manusia, terdapat kurang lebih hampir 30% protein di dalam tubuh. Sebanyak 60-70% kolagen tersebar di berbagai organ tubuh seperti kulit, otot, sendi, dan lainnya.


Kolagen merupakan protein alami yang jumlahnya melimpah dalam tubuh serta berfungsi menjaga kesehatan berbagai organ tubuh kita. Kolagen memiliki manfaat penting dalam regenerasi dan, mempertahankan elastisitas kulit agar tetap kenyal dan terhidrasi.

Namun seiring dengan bertambahnya usai, produksi kolagen di dalam tubuh kita akan menurun. Khususnya pada wanita, dampak dari kekurangan kolagen akan sangat tampak dari munculnya kerutan dan garis-garis halus pada kulit wajah. Agar kondisi kulit dan tubuh tetap terjaga, berikut adalah beberapa tanda-tanda tubuh kekurangan produksi kolagen.

Munculnya Kerutan dan Kulit Kusam

Salah satu tanda-tanda utama Anda kekurangan produksi kolagen adalah munculnya kerutan dan garis-garis halus pada kulot wajah Anda. Kulit akan kehilangan elastisitasnya dan sehingga membuat kulit tampak keriput dan kusam.

Nyeri Sendi

Kolagen mengikat otot ke ligament dan tulang. Kekurangan produksi kolagen dapat menyebabkan melemahnya serat kolagen dan koneksi otot sehingga menyebabkan nyeri sendi.

Muncul Selulit

Kolagen memiliki peranan penting dalam pembentukan jaringan ikat di kulit. Kekurangan kolagen akan menyebabkan jaringan lemak di bawah kulit terdorong ke atas untuk melawan jaringan ikat sehinga terjadi pengerutan pada kulit

Rambut Rontok


Kadar kolagen yang rendah di dalam tubuh dapat membuat rambut kekurangan nutrisi sehingga akar rambut menjadi rapuh. Hal ini menyebabkan pertumbuhan tubuh melambat dan ketebalan serta tekstur rambut akan berkurang.