Share
Inilah Potret Perubahan Tren Fashion dari Masa ke Masa
Clara Enocensia
22 March 2022

Tren fashion setiap tahunnya selalu mengalami perubahan serta memiliki keunikan fashionnya masing-masing.


Setiap dekade selalu menampilkan gaya berpakaian yang berbeda-beda. Setiap tahunnya selalu ada trend fashion baru yang muncul ataupun trend lama yang kembali muncul.

Perubahan jaman serta perubahan gaya hidup masyarakatnya sangat mempengaruhi terhadap perkembangan tren fashionnya juga. Sehingga setiap generasi dan dekade memiliki ciri khas dan karakternya masing-masing. Mari simak ulasan berikut mengenai perkembangan tren fashion di tiap dekadenya.

1. Fashion 70-an

Mode 70-an adalah yang paling liberal. Setiap orang bisa mengenakan pakaian sesuai yang mereka inginkan. Celana jeans berada di puncak ketenaran fashion dan perempuan mulai mengenakan kemeja.

2. Fashion 80-an

Berkembangnya teknologi yang juga menyebabkan perubahan lifestyle ditambah dengan banyaknya wanita yang mulai menapaki dunia karier. Hal tersebut turut mempengaruhi lahirnya model baju untuk wanita karir dan independen.

Gaya berbusana tersebut dikenal dengan pakaian-pakaian kantoran yang rapi dengan aksen minimalis. Salah satunya bisa didapiat dari perpaduan antara jas dengan rok atau celana panjang berbahan kain.

3. Fashion 90-an

Memasuki tahun 90-an, tren fashion bergeser ke arah dengan gaya yang lebih funky. Orang-orang di masa itu senang sekali menggunakan berbagai hiasan kepala seperti headband, bandana hingga hiasan leher chockers.

Penggunaan kaus kaki setinggi lutut serta jaket denim dan cargo pants merupakan style fashion yang menjadi ciri khas di tahun 90-an.

4. Fashion 2000-an

Pada abad milenium, style fashion semakin bergeser lagi dan tren denim menjadi icon yang hits pada masa tersebut. Unisex menjadi aturan dalam dunia fashion pada masa ini. Orang di seluruh dunia menjadi lebih berani dan berpakaian bebas sebisa mungkin.

5. Fashion 2020

Pada tahun 2020 ini, tren fashionnya belum mengalami banyak perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya. Tampilan kasual masih jadi andalan dengan penggunaan blazer ataupun cardigan sebagai outer.
Warna monokrom juga banyak digunakan oleh masyarakat masa kini. Tren hypebeast di tahun ini juga diyakini masih akan berlanjut hingga akhir tahun.