Inilah Perjalanan Karir Niki Zefanya, Berawal dari Cover Lagu Hingga Go Internasional
Clara Enocensia
12 March 2022

Niki Zefanya adalah salah satu musisi wanita muda asal Indonesia yang karyanya telah dikenal di kancah musik internasional. Inilah profil Niki Zefanya yang berhasil menghasilkan karya musik hingga sukses di kancah internasional.


Dikenal dengan nama panggung NIKI, penyanyi muda yang populer dengan lagu berjudul Indigo ini lahir di Jakarta, 24 Januari 1999. Sejak kecil, Niki memang sudah akrab dengan dunia musik sejak usia masih 8 tahun. Awalnya, menjadi seorang penyanyi bukanlah cita-citanya, NIKI hanya menyalurkan hobinya dengan mengunggah beberapa cover lagunya yang kemudian di unggah ke akun YouTube-nya.

Dari situlah gerbang kesuksesan mulai terbuka. Suatu hari, NIKI berhasil memenangkan kontes Cornetto Road to Fame. Keberhasilannya tersebut membuatnya terpilih menjadi pembuka konser Taylor Swift bertajuk "The Red Tour" yang digelar di Jakarta pada 2014 silam. Saat itu NIKI masih berusia 15 tahun.

Di tahun 2018 NIKI pernah menjadi tamu spesial dalam tur dunia penyanyi asal Amerika, Hasley, yang bertajuk “Hopeless Fountain Kingdom, Halsey”. Niki Zefanya juga pernah menjadi pembuka di tiga konser Rich Brian yang digelar di Australia. Ketiga konser tersebut merupakan bagian dari Tur Australia 2018 yang digelar Rich Brian.

Karir NIKI terus melambung, hingga NIKI masuk ke label 88rising. Ia juga berkesempatan untuk bisa kerjasama dengan musisi Randy Jackson hingga merilis EP bertajuk "wanna take this downtown?".

Sukses dengan lagu andalannya "Lowkey" dengan jutaan views di YouTube dan beragam prestasi gemilang lainnya. Namun, NIKI tetap dikenal sebagai pribadi yang humble. Ia pun memberikan pesan kepada artis muda tanah air yang ingin berkiprah di industri musik dunia seperti dirinya. “Dan saran aku buat artis muda yang mau bermusik seperti aku, jadi dirimu sendiri, memang itu kedengarannya klise banget, tapi kamu harus mulai dari situ dulu,” ucap NIKI.