Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Sayang Binatang, Inilah Perbedaan antara Kosmetik Vegan dan Cruelty-Free

Beauty20 October 2020

By Annisa Laksmintari

Sayang Binatang, Inilah Perbedaan antara Kosmetik Vegan dan Cruelty-Free

Produk kecantikan yang vegan belum tentu cruelty-free, dan demikian sebaliknya. Sebagai pencinta makeup dan skincare yang juga sayang binatang, tentu kita juga memperhatikan komponen dalam kosmetik dan cara produksi kosmetik yang kita pakai.


Maraknya kosmetik yang berlabel ‘Vegan’ dan ‘Cruelty-free’ merupakan sebuah kampanye positif yang menjunjung keselamatan binatang. Apa perbedaan diantara keduanya?

Vegan

Makeup dan skincare yang vegan tidak mengandung produk hewani maupun turunannya. Label ini merujuk kepada kandungan dalam produk itu sendiri, dan bukan pada proses produksinya. Beberapa bahan yang termasuk kategori non-vegan antara lain madu, beeswax, lanolin, collagen, albumen, carmine, dan gelatin. Meskipun tidak mengandung bahan yang berasal dari binatang, namun produk vegan bisa saja diujicobakan pada binatang pada proses produksinya.

Cruelty Free

Makeup dan skincare yang mengaku cruelty-free tidak mengujicobakan pada hewan pada proses produksinya, baik dari bahan bakunya maupun produk finalnya. Label ini merujuk kepada proses produksinya yang tidak melibatkan hewan pada uji cobanya. Namun, produk yang cruelty-free belum tentu bebas dari kandungan produk hewani beserta turunannya.

Oleh karena itu, jika ingin menggunakan produk kecantikan yang bebas dari keterlibatan binatang, baik dari segi kandungan maupun proses produksi, pastikan produk Anda tersertifikasi kedua label ‘vegan’ dan juga ‘cruelty-free’.