Inilah Manfaat Buah Blueberry untuk Kecantikan yang Wajib Diketahui
Dewi Anggriani Siregar
19 January 2023

Selain sehat dan menyegarkan, buah blueberry juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan.


Buah blueberry seringkali digunakan sebagi camilan sehat ataupun topping dalam yoghurt maupun ice cream. Tapi siapa sangka bahwa selain nikmat, blueberry juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan.

Tanaman berbunga yang termasuk dalam genus Vaccinium bagian Cyanococcus ini memiliki berbagai kandungan penting yang bermanfaat bagi kulit, blueberry mampu membantu menangani berbagai permasalahan kulit. Blueberry mengandung banyak vitamin B, vitamin C, Vitamin K, Vitamin A dan mangan serta kandungan antioksidan yang tinggi. Berikut adalah beberapa manfaat blueberry untuk kecantikan dilansir dari berbagai sumber.

Mencerahkan Kulit

Blueberry memiliki banyak kandungan yang mampu membantu mengatasi permasalahan kulit kusam. Kandungan di dalam blueberry mampu membantu mendorong eksfoliasi sel kulit mati dan mencegah dampak buruk paparan sinar matahari, sehigga mencerahkan kulit.

Meningkatkan Kolagen

Kandungan antosianin dan vitamin C di dalam buah blueberry mampu membantu pembentukan kolagen serta meningkatkan elastisitas kulit.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lain dari buah blueberry adalah mampu mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam blueberry mampu membantu melawan radikal bebas dan tanda-tanda penuaan.

Menyamarkan Hiperpigmentasi

Buah blueberry juga mampu membantu kulit Anda dalam mengurangi hiperpigmentasi ataupun noda hitam di wajah. Kandungan vitamin C di dalam buah blueberry dapat menghambat sintesis melanin yang merupakan pigmen pewarna kulit dengan mengganggu aktivitas enzim tirosinase sehingga kulit terbebas dari noda hitam dan hiperpigmentasi.