Inilah Kuliner Tradisional Khas Nepal yang Terkenal Lezat
Clara Enocensia
06 February 2022

Menggunakan bahasa yang sama dengan India, membuat Nepal memiliki beberapa kuliner yang mirip dengan India.


Liburan ke Nepal kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba kuliner khasnya. Selain terkenal dengan destinasi wisatanya, para wisatawan yang datang juga tertarik untuk mencicipi kuliner di negara dengan ibu kota Kathmandu tersebut. Beragam dan enak, berikut hidangan khas Nepal yang tak boleh Anda lewatkan.

1. Dal Bhat

Dal Bhat menjadi salah satu kuliner khas Nepal yang sangat dikenal dan dijadikan kuliner pokok oleh sebagian orang. Dal Bhat memiliki kesamaan dengan nasi rames yang berisi sayur dengan berbagai lauk pauk. Lauk pauk yang paling umum berupa kari sayuran yang disebut tarkari, chutney pedas, roti pipih renyah yang disebut papadamu, acar, tumis sayuran hijau, irisan tomat, mentimun, dan bawang. Dal bhat dianggap sebagai hidangan vegetarian yang khas. Meskipun juga dapat dihidangkan dengan daging dan ikan.

2. Kwati

Kwati adalah sup tradisional Nepal yang terdiri dari berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang polong putih, buncis, kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, dan kacang polong hitam. Sup ini juga dibumbui dengan kunyit, jahe, garam, dan biji ajwain lovage. Hidangan ini sering disajikan pada hari Janai Purnima, dan disarankan untuk menyajikannya dengan segala jenis roti agar makin lezat.

3. Momo


Momo adalah pangsit khas Nepal yang berbentuk seperti bulan sabit dengan isian daging cincang, atau bisa juga sayuran, dan bahkan kombinasi keduanya. Variasi momo yang paling terkenal yakni buff momo yang dibuat dengan daging kerbau, sha momo yang dibuat dengan daging sapi atau daging yak, dan momo khas dengan isian domba atau kambing.