Share
Inilah Kebiasaan Buruk yang Membuat Kulit Anda Semakin Berminyak
Clara Enocensia
10 January 2022

Merawat kulit berminyak memang sedikit tricky. Dibutuhkan produk perawatan yang tepat agar kulit wajah tetap sehat.


Memiliki kulit yang terlalu berminyak adalah satu hal yang sering dihindari banyak orang. Mulai dari makanan hingga kebiasaan sehari-hari berkontribusi pada munculnya minyak di kulit.

Dibutuhkan produk perawatan yang tepat agar kulit wajah tetap sehat. Dengan adanya produksi minyak yang berlebih tersebut, dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, kulit sangat berminyak dan jerawat. Kebiasaan berikut ini bisa jadi penyebab mengapa kulit berminyak.

1. Mencuci wajah terlalu sering

Jika Anda berpikir mencuci wajah sesering mungkin bisa menghilangkan minyak di wajah. Ternyata mencuci wajah terlalu sering hanya akan membuat kulit menjadi kering.

Saat kulit kering, ia akan memproduksi minyak alami agar wajah tetap lembap. Hal inilah yang akhirnya membuat wajah jadi semakin berminyak.

2. Menggunakan kosmetik comedogenic

Riasan tentunya telah menjadi bagian besar dari kehidupan sehari-hari setiap orang, seperti halnya perawatan kulit. Sebaiknya pilih produk makeup dengan sangat hati-hati, terutama untuk kulit berminyak. Produk comedogenic lah yang bisa menyumbat pori-pori.

Pemblokiran pori-pori bisa mengakibatkan kulit menjadi berminyak dan mengeluarkan lebih banyak minyak. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan produk nonkomedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori Anda dan juga dapat membantu mengurangi kemungkinan munculnya jerawat

3. Tidak menggunakan pelembap

Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap. Ini guna menghidrasi serta melembapkan wajah dan menyeimbangkan kadar minyak.

Tipsnya, pilihlah pelembap berbahan dasar air serta yang memiliki label oil-free dan non-comedogenic.

4. Siklus Menstruasi

Perubahan hormon saat menstruasi akan menstimulasi kelejar minyak. Inilah alasan mengapa serangan jerawat selama periode menstruasi kerap terjadi.