Share
Inilah Kebiasaan Baik yang Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi
Clara Enocensia
06 January 2022

Munculnya varian baru virus corona, membuat kita harus mempersiapkan kekebalan diri dan menjaga imunitas tubuh.


Daya tahan tubuh masih menjadi prioritas utama di tahun baru 2022, terutama setelah kemunculan Covid-19 varian Omicron. Ada beragam cara meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi.

Agar imunitas tubuh Anda kuat untuk melawan kuman penyebab penyakit, termasuk virus Corona, semua cara berikut perlu dilakukan secara konsisten. Inilah beberapa cara yang perlu dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Berolahraga secara teratur

Rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3–5 kali seminggu diketahui dapat meningkatkan reaksi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Pilihlah olahraga yang sesuai kemampuan Anda dan mudah dilakukan selama masa pandemi, seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda di sekitar rumah.

Jika ingin menghindari kerumunan, Anda juga bisa berolahraga di dalam rumah, misalnya melakukan senam aerobik, yoga, atau stretching.

2. Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, kamu disarankan banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan ini, cenderung tidak mudah sakit.

Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

3. Berjemur

Cara meningkatkan daya tahan tubuh berikutnya adalah berjemur. Hasil studi menyebutkan bahwa sinar matahari dapat memicu produksi vitamin D yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, berjemurlah setidaknya 3 kali seminggu selama 10–15 menit, terutama pada pukul 09.00–10.00 pagi.

4. Tidur yang cukup
Tidur yang cukup memberi ruang untuk sistem kekebalan tubuh bekerja optimal. Orang dewasa disarankan untuk tidur 7-8 jam sehari.

Saat kurang tidur, tubuh akan cenderung lelah dan stres sehingga membuat sistem imun melemah. Tidur siang selama 30 menit juga dapat meredakan stres dan baik untuk kesehatan.