Share
Inilah Jenis Keju Termahal di Dunia yang Terkenal dengan Kualitas Premium
Clara Enocensia
24 March 2022

Berbagai jenis keju termahal di dunia yang terbuat dari susu pilihan serta proses pembuatan yang rumit sehingga menghasilkan keju berkualitas tinggi dan terbaik di dunia.


Keju merupakan bahan makanan favorit bagi sebagian orang yang sering dicampurkan ke beberapa jenis hidangan. Pada dasarnya keju merupakan salah satu makanan fermentasi dari susu, beragam jenisnya tersebar di seluruh dunia, mulai dari cheddar hingga mozzarella.

Namun, beberapa produsen keju dari berbagai negara di Eropa telah berlomba-lomba untuk menciptakan jenis keju berkualitas tinggi dengan cara pengolahan yang unik dan rumit selama ratusan tahun lamanya. Nantinya keju-keju tersebut akan dijual dengan harga tinggi untuk dijadikan hidangan-hidangan mewah. Mari simak ulasan berikut mengenai berbagai jenis keju termahal di dunia.

1. Pule Cheese

Keju jenis ini menduduki posisi teratas keju termahal di dunia. Keju pule diproduksi di wilayah Zasavica, Serbia dengan bahan dasar susu keledai. Untuk membuat satu kilogram keju pule dibutuhkan 25 liter susu keledai.

Harganya yang mencapai 13 juta rupiah untuk satu kilogramnya sebanding dengan proses pembuatannya yang sulit. Keju pule yang memiliki warna putih susu dengan tekstur yang rapuh ini tergolong jenis keju yang langka dan hanya diproduksi oleh 1 produsen keju bernama Simic Farm. rf.

2. Moose Cheese

Moose Cheese berasal dari sebuah desa kecil di Swedia. Keju moose terbuat dari susu rusa moose berukuran besar. Rusa dengan tanduk lebar ini diternakan oleh masyarakat sekitar. Dalam setahun, produksi keju moose tak lebih dari 270 kilogram saja. Inilah yang membuat keju ini memiliki harga selangit.

Rasa keju ini terbilang unik karena creamy dan lebih gurih dibanding keju susu sapi. Keju dikemas dalam ukuran 500 gram dan dijual dengan harga Rp 6,7 juta.

3. White Stilton Gold

White Stilton Gold dibuat oleh produsen keju Long Clawson Dairy yang beroperasi di wilayah Leicestershire, Inggris. Perusahaan yang mendapatkan penghargaan "100 Year Old British Cheese Maker" ini dikenal sebagai pembuat keju berkualitas premium di dunia.

Keju ini terbuat dari susu sapi berkualitas yang telah dipasteurisasi secara sempurna serta menggunakan teknik yang cukup rumit hingga menciptakan aroma dan rasa yang sangat khas. Sama dengan harga jenis keju moose, di pasaran keju stilton white gold dibanderol di kisaran harga Rp7 jutaan. Yang membuat keju White Stilton Gold ini unik adalah adanya taburan emas asli di dalamnya dan khusus dibuat untuk kalangan tertentu saja.

4. Wyke Farms Cheddar

Rasanya yang kuat dan kaya rasa membutuhkan waktu sekitar 12 bulan untuk mendapatkan kualitas yang maksimal. Keju ini menjadi salah satu jenis keju termahal di dunia yang mencapai harga $200 atau sekitar Rp2,8 juta per 500 gram.

Keju ini telah diproduksi oleh keluarga Wyke di sejak tahun 1860-an dan menjadi jenis yang paling terkenal di antara beragam jenis keju keluarga Wyke lainnya.