Share
Inilah Harga untuk Makan di Restoran Berbintang Michelin Termahal di Dunia
Annisa Indah
16 December 2021

Seberapakah yang harus dibayar untuk menikmati makan malam di restoran berbintang Michelin yang termahal di dunia?


Ada cukup banyak restoran di dunia yang telah dianugerahi bintang Michelin. Chef’s Pencil, sebuah majalah bertema makanan yang bertaraf international, baru-baru ini melakukan sebuah survey untuk menelaah biaya yang harus dikeluarkan untuk menu lengkap, yang seringnya terdiri dari 8 sampai 12 hidangan untuk makan malam.


Dari berbagai menu yang diteliti dari hampir 500 restoran berbintang Michelin di dunia, majalah tersebut mengungkapkan daftar 15 restoran berbintang Michelin yang termahal. Yang teratas adalah Sublimotion di Ibiza, Spanyol.


Untuk menikmati hidangan makan malam di restoran ini, diperkirakan akan menghabiskan sebesar $1.740 (hampir Rp 25 juta) per orang. Meskipun demikian, restoran inovatif ini tak sekedar menawarkan makanan. Dilansir dari portal berita Travel and Leisure, Sublimotion menawarkan pengalaman realitas hibrida kepada para tamu dengan koki dunia maya yang menyiapkan makanan di depan setiap tamu, menjadikan pengalaman ini menjadi pengalaman gastronomic yang tak terlupakan.