Inilah Fakta-Fakta Menarik di balik Pemakaman Ratu Elizabeth II
Dewi Anggriani Siregar
20 September 2022

Kerajaan Inggris secara resmi menggelar prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin, 19 September 2022, kemarin.


Setelah disemayamkan selama empat hari di Westminster Hall, London, peti mati jenazah Ratu Elizabeth II akhirnya telah dikebumikan. Prosesi pemakaman tersebut berlangsung haru dengan dihadiri oleh sekitar 2.200 undangan termasuk warga Inggris Raya dan 500 pemimpin dunia.

Di balik proses pemakaman dan momen penuh haru yang meninggalkan duka mendalam tersebut, terdapat beberapa fakta menarik sebagai berikut.

Peti Diangkut Menggunakan Kereta Meriam

Saat prosesi pemakaman, peti jenazah Ratu Elizabeth II diangkut menggunakan kereta meriam kerajaan yang ditarik oleh 142 prajurit AL Inggris atau Royal Navy yang mengangkut peti tersebut dari Westminster ke Westminster Abbey.

Lonceng Gereja Westminster Abbey Berbunyi 96 kali

Menjelang prosesi pemakaman tersebut, lonceng gereja Westmintster dibunyikan sebanyak 96 kali setiap 1 menit. Hal tersebut untuk menandai 96 tahun usia Ratu Elizabeth II. Selain itu, lonceng Big Ben juga turut dibunyikan sebanyak 96 kali.

Jenazah Ratu Elizabeth II Disemayamkan di Sebelah Pangeran Philip

Dikutip dari The Guardian, jenazah Ratu Elizabeth II nantinya akan dimakamkan tepat di samping suami tercinta, Pangeran Philip.

Jadi Hari Libur Nasional

Duta besar Inggris mengumumkan baha hari pemakaman Ratu Elizabeth II ditetapkan sebagai hari libur nasional sebagai bentuk penghormatan dan duka cita terhadap meninggalnya sang Ratu.