Share
Inilah Daya Penggerak Kesuksesan Mazda di Indonesia
Listya Manopo
23 February 2024

Selama tujuh tahun terakhir, Mazda Indonesia telah mencapai kesuksesan luar biasa, terinspirasi dari perusahaan induknya, Eurokars Group. Salah satu daya penggerak di balik kesuksesan Mazda di Indonesia adalah komitmen kuat Eurokars Group, untuk memenuhi kepuasan dan kepercayaan para pelanggan.


Sejak tahun 2017, Eurokars Motor Indonesia (EMI), yang merupakan bagian dari Eurokars Group, telah menjadi Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Mazda di Indonesia. Selain 26 dealer Mazda yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, belum lama ini kantor pusat baru yang berlokasi di Simprug, Jakarta Selatan juga diresmikan oleh Mazda Motor Corporation Japan, pada awal tahun 2023. Pembukaan Mazda Indonesia Headquarter diyakini mencerminkan komitmen Mazda dalam meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan, memperluas jangkauan penjualan, serta memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggan Mazda di tanah air. Indonesia adalah salah satu dari beberapa negara di dunia yang memiliki kantor pusat Mazda. Hal ini mencerminkan kepercayaan Mazda Motor Corporation Japan dan pandangan positif mereka, terhadap masa depan Mazda di Indonesia.

EMI memegang peran penting dalam mendukung kesuksesan Eurokars Group, karena baru-baru ini EMI merayakan pencapaian signifikan dengan keberhasilan penjualan 5,320-unit mobil Mazda pada tahun 2023, yang merupakan angka penjualan tertinggi dalam tiga tahun terakhir, dan meningkat 100 persen sejak tahun 2020. Tren peningkatan yang konsisten ini disebabkan oleh antusiasme dan dukungan dari para penggemar Mazda di Indonesia, kerja keras dari para dealer principal, serta peningkatan kualitas dari layanan purna jual Mazda.

Sepanjang tahun lalu, Mazda Indonesia juga aktif dalam mengikuti pameran otomotif bergengsi, serta memenuhi misinya untuk memasuki segmen pasar kendaraan premium dengan peluncuran tipe All-New Mazda CX-60. Hal inilah yang menandai keseriusan Mazda dalam meluncurkan produk-produk premium 7G, terutama pada kategori segmen Large Premium SUV. All New Mazda CX-60 adalah Large Premium SUV unggulan Mazda, yang menggunakan mesin 3.3L Inline 6-cylinder, e-Skyactiv-G, serta mesin Turbocharged yang dilengkapi teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System), yang mampu menghasilkan tenaga 280 hp dan torsi 450 Nm torsi, menghadirkan performa kendaraan yang optimal, dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Pada sisi sebaliknya, daya penggerak kesuksesan EMI di Indonesia juga adalah perusahaan induknya, distributor otomotif ternama bernama Eurokars Group, yang menaungi berbagai merek mobil mewah dan ikonik, termasuk di antaranya Mazda. Eurokars Group menetapkan standar global baru dalam industri otomotif di Asia Tenggara, melalui jajaran armada, kualitas layanan yang luar biasa, serta perhatian penuh kepada para pelanggan. HighEnd belum lama ini diundang oleh EMI untuk mengunjungi beberapa properti dari Eurokars Group di Singapura, termasuk gedung kantor pusat Eurokars yang baru, Eurokars Centre, serta berpartisipasi dalam sesi wawancara eksklusif dengan Executive Chairman, Mr. Karsono Kwee.

Mazda Eurokars Karsono Kwee

Ketika HighEnd memulai tur eksklusifnya ke Eurokars Centre, Singapura, menjadi sangat jelas bahwa komitmen perusahaan untuk mendefinisikan keunggulan dalam lanskap otomotif tidak hanya terbatas pada produk dan layanan mereka. Terletak di area premium Queenstown, tepatnya di 11 Kung Chong Road, di sepanjang jalur otomotif Leng Kee yang terkenal di Singapura, bangunan baru Eurokars Centre senilai SGD 106 juta ini dikelilingi oleh semua fasilitas yang ditawarkan distrik otomotif, termasuk kedekatan dengan beberapa showroom mobil, termasuk Mazda. Dengan luas 40.000 kaki persegi, dan total luas bangunan 100.000 kaki persegi, gedung ini menawarkan pemandangan 360 derajat yang memukau di pusat distrik otomotif Singapura. Eurokars Centre berfungsi sebagai markas besar Eurokars, dilengkapi dengan bengkel mobil, dan beberapa showroom mewah dari berbagai merek supercar di bawah naungan Eurokars Group.

Memulai perusahaannya, Eurokars, dari awal yang sederhana, Mr. Kwee telah mengubah bisnisnya menjadi sebuah dealer merek mobil premium internasional terkemuka. Dedikasi dan kontribusinya pun diakui dengan penghargaan Public Service Medal (PBM) yang diberikan oleh Presiden Singapura saat itu, Madam Halimah Yacob, dalam National Day Awards 2017. Pada tahun 2022, Mr. Kwee juga dianugerahi Public Service Medal atas perannya yang signifikan dalam perjuangan negara Singapura dalam melawan pandemic COVID-19, memperlihatkan komitmennya baik pada industri otomotif, maupun pelayanan publik.

Sebagai pemimpin yang dihormati di Eurokars Group, Mr. Kwee memegang teguh prinsip dan nilai profesionalnya. “Saya seorang trader, jadi yang terpenting bagi saya adalah repetition. Apa pun yang kami janjikan kepada pelanggan, harus kami tepati. Selain itu, saya juga selalu memperlakukan karyawan saya dengan setara, sebagaimana saya akan memperlakukan seorang teman. Saya sangat terbuka dengan mereka. Sebenarnya, moto kepemimpinan saya cukup sederhana, yaitu merangkul semua orang. Namun, ada waktu dan tempat juga untuk serius, misalnya selama jam kerja. Namun, di luar pekerjaan, saya melihat diri saya sebagai teman mereka.” Mr. Kwee menyadari pentingnya membantu timnya dalam mengoptimalkan kemampuan mereka dan menemukan passion mereka sendiri, serta meyakini bahwa tim akan memberikan kinerja terbaik ketika mereka memanfaatkan kekuatan mereka secara maksimal dan memiliki waktu serta ruang untuk menjadi diri mereka sendiri di luar pekerjaan.

Setelah hampir empat dekade mengelola kerajaan otomotifnya, Mr. Kwee mengambil pelajaran berharga, untuk tidak mudah berpuas diri dan selalu bergerak maju. Ia merasa masih perlu bekerja keras untuk mencapai angka kesuksesan yang sempurna. “Saya berjuang untuk ada di titik seperti sekarang ini. Meskipun telah berjalan cukup jauh, saya masih memiliki ambisi besar. Saya yakin bahwa masih banyak yang harus dilakukan, saya belum selesai," pungkasnya.

Mazda at Singapore Motor Show

Memasuki tahun 2024, EMI baru saja merayakan ulang tahunnya yang ketujuh sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mazda di Indonesia. Menurut budaya Jepang, angka 7 dianggap sebagai simbol keberuntungan. Ricky Thio, Managing Director EMI, mengungkapkan, “Usia baru ini tentu menginspirasi kami untuk lebih optimis menjadi merek otomotif terkemuka pilihan masyarakat Indonesia, terutama di segmen kendaraan premium. Pada tahun 2024, kami akan menghadirkan sejumlah produk 7G di segmen Medium SUV, Medium SUV (BEV), Large Premium SUV (PHEV), dan Large Premium SUV (MHEV). Bersama dengan line-up unggulan Mazda, kami juga akan menyelenggarakan acara unggulan kami, Mazda Power Drive, serta berpartisipasi dalam beberapa pameran otomotif bergengsi di Indonesia, seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW), Pameran Mall, dan banyak lagi, mengundang masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal produk-produk terbaik Mazda secara lebih dekat, memberi kesempatan kepada mereka untuk mengendarai mobil Mazda secara langsung, serta merasakan gaya berkendara ala The Perfect Jinba-Ittai."