Inilah Beragam Manfaat Senam Pilates, Efektif Turunkan Berat Badan hingga Perbaiki Postur
Clara Enocensia
13 March 2022

Manfaat pilates tidak hanya efektif untuk mencapai berat badan ideal, tetapi juga melatih kekuatan sekaligus kelenturan otot inti tubuh.


Pilates menjadi olahraga favorit banyak wanita sebab latihan sebab dapat membentuk tubuh menjadi kencang dan ideal. Jika dilihat sekilas, yoga dan pilates dapat dikatakan hampir mirip. Namun pada dasarnya pilates merupakan latihan yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Pilates terdiri atas berbagai gerakan yang berfokus pada perut, pinggang, panggul, dan paha. Olahraga yang tergolong low-impact ini dapat melatih ketahanan, kekuatan, dan fleksibilitas otot. Mari simak lebih jauh mengenai beragam manfaat pilates.

1. Meningkatkan Fleksibilitas

Seiring gerakan pada latihan pilates, otot-otot tubuh akan meregang. Begitu pula dengan persendian Anda. Gerakan peregangan inilah yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda.

2. Mengoreksi postur tubuh

Otot perut dan punggung yang kuat sangat penting untuk melakukan aktiviatas sehari-hari. Pilates mendukung inti tubuh untuk menstabilkan koordinasi tubuh, sehingga dapat menjaga postur tubuh yang baik saat duduk atau berdiri.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sekalipun tidak membakar kalori sebanyak Anda melakukan latihan kardio, namun latihan pilates dapat meningkatkan metabolisme Anda. Meningkatnya metabolisme merupakan awal dari proses pembakaran kalori untuk menurunkan berat badan Anda.