Share
Tak Hanya sebagai Bumbu Masakan, Kunyit Ternyata Miliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
06 January 2023

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kunyit merupakan salah satu tumbuhan rempah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.


Meski tumbuhan rimpang yang satu ini seringkali dijadikan sebagai bumbu dasar suatu masakan, kunyit memiliki beragam kandungan yang kaya manfaat untuk tubuh seperti kandungan kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, hingga minyak atsiri.

Berasal dari Asia Tenggara, tumbuhan yang memiliki nama latin Curcuma domestica val ini termasuk dalam golongan keluarga Zingiberaceae. Berikut adalah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Meningkatkan Imun Tubuh

Di dalam kunyit terkandung zat kurkumin yang mampu membantu menjaga daya tahan tubuh serta melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Mengurangi Nyeri dan Melancarkan Menstruasi

Dikutip dari Alodokter, studi menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung kurkumin dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Tak hanya itu, kunyit juga diketahui dapat meredakan kram yang umum dialami wanita selama menstruasi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

Melawan Infeksi

Manfaat lain dari kunyit adalah mampu melawan infeksi pada tubuh. Kandungan kunyit putih pada tubuh mampu menghambat berkembangnya bakteri dan jamur pada tubuh.

Mencegah Kanker

Kandungan kurkumin di dalam kunyit dapat berfungsi sebagai antiinflamasi. Hal ini mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Sebagai Obat Alergi

Kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin yang terdapat pada kunyit juga berfungsi sebagai senyawa antuialergi yang dapat membantu menghilangkan gatal-gatal atau masalah pada kulit.