Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Inilah 5 Manfaat Kesehatan Konsumsi Blackberry untuk Tubuh Anda

Wellness27 October 2021

By Annisa Indah

Inilah 5 Manfaat Kesehatan Konsumsi Blackberry untuk Tubuh Anda

Blackberry kini mudah ditemukan di berbagai supermarket, di bagian buah-buahan segar. Ternyata buah-buahan mungil ini memiliki banyak sekali manfaat kesehatan untuk tubuh.


Ada banyak cara untuk menikmati blackberry, baik yang segar maupun yang telah dibekukan. Blackberry dapat dimakan apa adanya sebagai cemilan sehat atau penutup, ataupun sebagai topping untuk yogurt, salad, ataupun oatmeal. Buah beri yang manis ini tak hanya cemilan atau topping yang lezat, namun mengandung banyak sekali manfaat kesehatan, sebagai berikut!


1. Memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi
Blackberry sarat dengan Vitamin C, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga agar kulit tampak segar. Selain itu dalam blackberry juga mengandung banyak mangan, yang menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Blackberry juga kaya akan vitamin K, yang dapat membantu pembekuan darah dan metabolisme tulang.

2. Kaya antioksidan
Serupa dengan buah beri lainnya, blackberry mengandung banyak antioksidan penangkal radikal bebas. Khusus blackberry, terdapat anthocyanin, yang memiliki sifat antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi yang luar biasa.

3. Padat serat
Tak hanya lezat dan bergizi, blackberry banyak mengandung serat yang baik untuk kesehatan tubuh dan pencernaan.


4. Menjaga kolestrol
Menurut sebuah penelitian di Scientific Reports, orang yang secara teratur makan buah beri memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih rendah, dibandingkan orang yang tidak secara teratur makan buah beri.

5. Menjaga kesehatan gigi dan otak
Dilansir dari realsimple.com, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi blackberry secara teratur dapat meningkatkan kesehatan gigi yang baik, dan penelitian lain menunjukkan dapat membantu kesehatan otak dan mencegah kehilangan memori yang berkaitan dengan penuaan.