Share
Inilah 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mental
Dewi Savitri
17 October 2022

Siapa sangka, mengonsumsi 5 makanan Ini ternyata baik untuk kesehatan mental.


Makan makanan yang bergizi nyatanya tidak hanya untuk menjaga kesehatan fisik saja, melainkan juga bisa meningkatkan kesehatan mental Anda. Bahkan beberapa makanan ini berfungsi sebagai pelengkap terapi untuk depresi dan kecemasan. Berikut ulasannya:

1. Makanan Laut

Omega-3 yang dikandung ikan air dingin yakni salmon adalah kunci bagi kesehatan mental. Menurut sebuah studi di Nutritional Neuroscience makan makanan kaya omega-3 dalam jumlah tinggi penting untuk mencegah depresi.

Tiram dan kerang juga menjadi makanan terbaik untuk jaga kesehatan mental. Mereka menempati peringkat tertinggi pada Skor Makanan Antidepresan dalam studi 2018 di World Journal of Psychiatry, yang berarti mereka berperan dalam membantu mencegah atau mendorong pemulihan dari depresi.

2. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin E. Vitamin E ini nantinya menjadi antioksidan kuat dan penting untuk kesehatan mental. Biji bunga matahari juga tinggi nutrisi penurun stres lainnya, mulai dari magnesium, mangan, selenium, seng (zinc), vitamin B, dan tembaga.

3. Yogurt

Yogurt dan makanan probiotik seperti acar, tahu, tempe dan kimchi ternyata baik untuk kesehatan mental. Kandungan Lactobacillus di dalam makanan probiotik bisa membantu
meringankan depresi. Selain itu Lactobacillus juga berperan mengusir bakteri jahat yang menyebabkan kerusakan seperti hormon dopamin dan serotonin yang membuat mood menjadi muram.

4. Beri

Menurut studi para peneliti orang yang lebih banyak makan buah beri memiliki suasana hati yang lebih baik dan gejala depresi yang lebih sedikit. Kepuasan hidup mereka lebih tinggi, begitu juga optimisme mereka.

5. Sayuran Hijau

Selain menjadi asupan sehat dan padat gizi, sayur hijau seperti brokoli, sawi, bayam dan kale tentunga mengandung asam folat yang tinggi. Asam folat ini sangat berguna untuk kesehatan mental, jika tubuh kekurangan asam folat bisa meningkatkan depresi dan kelelahan.