Share
Inilah 3 Makanan dengan Kandungan Ajaib yang Bantu Cegah Tanda Penuaan
Trisha Aulia
18 April 2023

Rahasia awet muda terdapat dalam kandungan makanan yang kita konsumsi setiap hari. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi makanan bernutrisi sangat penting untuk menjaga kecantikan kulit kita. Inilah tiga makanan lezat dengan kandungan ajaib yang ampuh untuk mencegah tanda penuaan.


Seiring berjalannya waktu, kulit Anda akan menampakkan tanda-tanda penuaan yang sulit untuk diabaikan. Meskipun perawatan luar dapat dibilang cukup ampuh untuk mengurangi dampak dari bertambahnya usia, sebenarnya kecantikan masa muda dapat dipertahankan dari dalam. Dengan mengonsumsi nutrisi yang baik bagi tubuh, Anda dapat melindungi kulit agar terus tampak awet muda. Berikut adalah tiga makanan yang patut Anda konsumsi secara rutin:

Dark Chocolate

Dark Chocolate atau cokelat hitam merupakan salah satu makanan yang tidak hanya lezat namun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Bahan utama dari dark chocolate adalah biji kakao yang mengandung antioksidan serta magnesium.

Jika Anda menginginkan kulit yang kenyal dan bersinar, antioksidan menjadi nutrisi penting yang tidak boleh ditinggalkan. Antioksidan dikenal memiliki segudang manfaat, seperti menjaga sirkulasi darah dan mempertahankan kelembaban pada kulit. Selain itu, magnesium dalam cokelat dapat menghindari kulit dari peradangan.

Dengan mengonsumsi dark chocolate yang kaya akan antioksidan dan magnesium, kulit Anda akan selalu tampak sehat dan bercahaya.
Namun, pastikan agar dark chocolate yang Anda konsumsi tidak mengandung terlalu banyak gula karena konsumsi gula yang berlebihan justru dapat menimbulkan dampak yang kurang baik pada kulit. Selain mengganggu hormon dan menimbulkan jerawat, gula juga mengganggu jaringan kolagen dan dapat membuat kulit Anda kehilangan elastisitasnya.

Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan hasil fermentasi susu yang kaya akan vitamin dan bakteri yang baik bagi tubuh. Penuh dengan kandungan kalsium, mengonsumsi yoghurt secara rutin akan meremajakan kulit Anda dengan menjaga kelembabannya. Selain ampuh untuk melindungi kecantikan Anda, kalsium pada yoghurt juga akan mencegah tulang keropos dan osteoporosis sehingga menjaga fungsi tubuh Anda agar tetap prima.

Selain kalsium, yoghurt juga merupakan sumber zink dan vitamin B yang sangat ampuh untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Zink merupakan zat ajaib yang mampu mengontrol produksi minyak dari kelenjar sebasea sehingga mencegah jerawat timbul pada kulit Anda. Mengonsumsi yoghurt dapat menjaga kulit Anda agar tetap tampak muda.

Menariknya, yoghurt juga sangat bermanfaat jika digunakan sebagai alat perawatan kulit. Asam laktat yang terdapat dalam yoghurt menjadikannya masker alami yang bagus bagi wajah. Kandungan asam laktat dapat membersihkan kulit dan memperlancar regenerasi sel kulit sehingga Anda dapat memiliki wajah yang lembut, bersinar, dan bebas dari keriput.

Kaldu Tulang

Sering ditemukan dalam berbagai masakan lezat, kaldu tulang merupakan rahasia awet muda yang sudah banyak digunakan sejak lama. Selain kaya rasa, kaldu tulang juga kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga Anda agar tetap awet muda.

Kaldu tulang mengandung asam amino yang dipenuhi dengan kolagen dan kalsium. Kandungan kolagen dalam kaldu tulang menjadi harta karun yang patut diburu jika Anda ingin mengabadikan kecantikan Anda. Semakin bertambahnya usia, jaringan kolagen dalam tubuh akan memecah sedangkan tubuh Anda akan kesulitan untuk memproduksi kolagen yang hancur. Oleh karena itu, mengonsumsi kaldu tulang yang kaya akan kolagen menjadi alternatif yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, otot, dan kulit.

Sejak lama, kaldu tulang sudah menjadi rahasia awet muda para model dan artis dunia. Rutin mengonsumsi kaldu tulang merupakan resep untuk menjaga tubuh agar tetap awet muda dan sehat.