Inilah 3 Bahan Skincare yang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Rambut
Bunga Revina
14 November 2022

Selain memiliki manfaat dalam merawat kesehatan kulit, beberapa bahan aktif pada skincare ini ternyata juga memiliki manfaat untuk merawat kesehatan rambut. Simak di bawah ini!


Beberapa bahan aktif dalam formula skincare ternyata dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut agar tetap sehat. Dengan memiliki manfaat ganda ini dapat menjadi alternatif untuk Anda agar menghemat penggunaan produk perawatan diri. Jika Anda tertarik, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini beberapa bahan aktif skincare yang juga memiliki manfaat untuk kesehatan rambut.

Asam Hialuronat

Menurut dr. Hadley King selaku dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City, asam hialuronat merupakan humektan yang berperan menarik air dan membantu hidrasi. Hyaluronic acid yang banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit, dapat mengisi kembali kelembapan kulit dan membantu hilangkan garis-garis halus pada kulit.

Ternyata jika digunakan untuk perawatan rambut, bahan ini memiliki manfaat yang serupa. Asam hialuronat dapat membantu mengembalikan kelembaban pada kutikula rambut, membuat helaian rambut menjadi lembut, halus, dan sehat.

Peptida Kolagen

Dr. Hadley King menjelaskan bahwa peptida kolagen terhidrolisis berfungsi sebagai humektan yang dapat membantu melembabkan kulit. Oleh sebab itulah bahan aktif peptida kolagen banyak digunakan pada krim wajah maupun serum. Bagi perawatan rambut, peptida kolagen tidak hanya dapat melembabkan kulit kepala, tetapi juga dapat mengisi area batang rambut yang rusak dan memberikan kekuatan sementara.

Micellar Water

Micellar water dikenal dengan kemampuannya untuk menghilangkan riasan pada kulit maupun mata sebelum menggunakan pembersih wajah. Menariknya, bahan ini juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran dan minyak pada rambut. Karena itu, dr. Hadley King juga turut menyarankan untuk mencari sampo micellar water untuk membantu menghilangkan penumpukan kotoran pada rambut dan kulit kepala.