Share
Ingin Mood dan Energi Terjaga? Mulai Hari dengan Segelas Air Putih!
Yesica Kirana
17 October 2024

Minum air putih yang cukup adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh dalam menjaga keseimbangan cairan, dan mendukung pencernaan, serta untuk memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental Anda.


Kebiasaan sederhana sehari-hari ternyata bisa berdampak besar pada kesehatan fisik dan mental kita. Alih-alih mengubah rutinitas secara drastis, mulailah dengan langkah kecil seperti minum segelas air putih di pagi hari.

Mengapa Minum Air Putih di Pagi Hari Penting

Ahli kesehatan Dr. Emily Leeming, penulis Genius Gut, menjelaskan dalam bukunya Second Brain, yakni manfaat minum 500 ml air setiap pagi. Penelitian menunjukkan bahwa minum air di pagi hari dapat meningkatkan suasana hati, energi, dan ingatan, sehingga Dr. Leeming merekomendasikan kebiasaan ini sebagai cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan.

air putih

Bahkan, penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Environmental Research and Public Health pada tahun 2020, menemukan bahwa setelah tubuh mengalami dehidrasi selama 12 jam, individu yang minum air di pagi hari mengalami peningkatan kinerja kognitif dan suasana hati.

Selain itu, meminum 200 ml air putih setiap pagi dapat membantu mencegah dehidrasi, mengurangi emosi yang tinggi, dan mengatasi kelelahan, serta meningkatkan kondisi tubuh lebih tenang. Konsumsi air putih yang cukup juga baik pada peningkatan kualitas memori kerja, yang efektif untuk pengambilan keputusan, pencarian solusi, dan meningkatkan fokus saat bekerja. Oleh karena itu, kurangnya asupan air setiap hari dapat berdampak negatif pada kondisi tubuh, sebab sekitar 60-70% air dalam tubuh ini berfungsi untuk mendukung sistem metabolisme.