Ingin Memiliki Rambut Indah Berkilau, Simak Tips Perawatan Rambut Berikut
Irma Luthfiya
11 February 2022

Rambut sehat tentu impian semua orang, simak rangkaian perawatan rambut untuk memiliki rambut yang sehat dan indah berkilau.


Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu kita rawat. Banyak orang menganggap keramas menggunakan shampo secara rutin saja sudah cukup. Nyatanya, banyak perawatan rambut lainnya yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Berikut beberapa jenis perawatan rambut yang perlu dilakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat!

1. Keramas

Keramas merupakan bentuk perawatan rambut paling umum. Keramas membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan bau menggunakan shampo dan air. Pada dasarnya memang kebutuhan keramas orang berbeda-beda namun umumnya keramas dilakukan 2-3 hari sekali.

2. Creambath

Creambath merupakan serangkaian perawatan rambut yang terdiri dari, krim rambut, streaming rambut, dan pijat. Perawatan rambut ini mampu mengatasi masalah rambut rusak atau sulit diatur. Tidak hanya itu creambath pun memiliki manfaat untuk melembabkan, memperkuat helai, dan mengatasi rambut kering.

3. Hair Mask

Hair mask adalah proses perawatan intensif yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok dan kondisi kerusakan lainnya. Perawatan rambut ini direkomendasikan untuk orang-orang yang sering menggunakan alat styling rambut, pernah mengubah tekstur rambut dan atau pernah mengubah warna rambut. Sebaiknya perawatan rambut ini dilakukan satu minggu sekali untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rambut.

4. Hair Spa

Perawatan rambut satu ini mengandung banyak nutrisi, seperti mengatasi masalah rambut kering, berminyak, dan kaku. Berbeda dengan creambath, hair spa mengandung minyak esensial yang membuat aroma lebih wangi daripada creambath. Namun, untuk rangkaian perawatannya memang mirip dengan creambath yakni menggunakan krim dan pijat.

5. Tonik Rambut

Tonik rambut atau hair tonic merupakan produk untuk menata rambut. Perawatan ini dipercaya dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau dan sehat. Tidak hanya itu, penggunaan tonik rambut juga dapat membuat rambut mudah ditata, mengurangi ujung rambut yang bercabang dan patah, membantu mengendalikan ketombe, dan melumasi kulit kepala yang kering.

6. Hair Serum

Jenis perawatan rambut untuk melapisi permukaan rambut ini tentu memiliki berbagai manfaat yang berbeda-beda tergantung kebutuhan rambut masing-masing pengguna. Terdapat beragam jenis dan bahan dasar yang berbeda-beda untuk hair serum ini.