Ingin Lebih Sehat, Minuman-minuman ini Dapat Menjadi Pengganti Kopi
Salsabila Andika Putri
03 August 2022

Kopi memang minuman yang banyak khasiatnya, belum lagi minuman tersebut dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus agar tubuh tetap dalam mode bekerja. Meskipun begitu, kafein terbukti dapat meningkatkan tekanan darah akibat efek stimulannya pada sistem saraf.


Kopi seringkali memberi efek positif untuk orang dewasa dan tidak memiliki efek kesehatan negatif bila digunakan dalam jumlah sedang, yang diukur dengan konsumsi 2-3 cangkir per hari. Sejumlah penelitian telah menunjukkan manfaat kopi bagi kesehatan tubuh, mulai dari meningkatkan mood dan metabolisme hingga mengurangi risiko kanker, diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, penyakit kardiovaskular, dan asam urat.

Namun, karena kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek stimulasi pada sistem saraf, penelitian telah menunjukkan bahwa kafein yang terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah. Sementara itu, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan arteri dari waktu ke waktu, mengakibatkan adanya peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Demi tubuh yang tetap sehat, namun tetap dapat beraktiftas dengan mood yang tetap bagus saat menjalani hari, berikut ini adalah beberapa minuman pengganti kopi yang menyehatkan dan dapat kamu nikmati.

1. Cacao Superfood Latte

Ketika digabungkan dengan kakao, beberapa adaptogen, termasuk maca dan reishi, akan membuat sebuah kombinasi yang enak dan dapat berfungsi sebagai pengganti kopi yang sehat. Coba buat es cacao latte segar yang dipadukan dengan maca dan kayu manis. Maca akan memberikan efek calming, sementara kayu manis kaya akan antioksidan. Jangan lupa gunakan oat milk atau almond milk agar menghasilkan latte yang lebih sehat dan organik.

2. Chai Latte

Chai merupakan teh yang berasal dari India. Teh ini menggunakan segala khasiat rempah-rempah, yaitu kapulaga, lada, jahe, dan kayu manis. Berbahan dasar teh hitam kamu bisa berkreasi dan membuat chai latte yang menggunakan rempah-rempah, pemanis, dan jenis susu yang kamu inginkan.

Jika dibuat dengan tepat, hasil akhirnya adalah secangkir teh yang memiliki rasa yang tidak terlalu kuat dengan rasa manis yang tepat, serta terdapat tambahan rempah-rempah yang terasa menghangatkan. Chai latte dapat memberikan energi untukmu sehingga dapat memulai hari.

3. Matcha Latte

Dikonsumsi secara tradisional di Asia Timur, matcha merupakan bubuk halus yang dibuat dari daun teh hijau yang pembuatannya diproduksi dan diproses secara khusus. Matcha disinyalir baik untuk tubuh, dikarenakan adanya senyawa katekin yang berlimpah dalam kandungan antioksidannya.

Es matcha latte merupakan minuman pilihan yang creamy dan menyegarkan. Matcha latte dapat dibuat dalam versi panas maupun dingin. Jika ingin menghasilkan matcha yang super creamy, kamu dapat menggunakan chasen yang merupakan pengocok bambu tradisional. Chasen memiliki lebih banyak cabang daripada pengocok kue biasa.