Share
Ingin Kulit Mulus dan Glowing, Inilah Manfaat Kolagen yang Baik untuk Kecantikan
Dewi Anggriani Siregar
18 April 2022

Setiap wanita tentu mendambakan kulit yang mulus dan glowing. Tidak jarang kita merogoh kantong dan mengeluarkan banyak pundi-pundi rupiah demi melakukan perawatan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar.


Namun tahukan Anda, menciptakan kulit yang mulus dan glowing juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi kolagen secara rutin. Anda tentu sudah sering mendengar produk yang satu ini. Dilansir dari Halodoc, kolagen merupakan jenis protein yang terbuat dari asam amino dan berperan penting dalam membangun dan menopang banyak jaringan di tubuh, mulai dari tulang, kulit, rambut, mata, hingga sistem pencernaan.

Tubuh kita sebenarnya sudah menghasilkan kolagen, tapi jika menginginkan hasil yang maksimal, kita tidak bisa hanya mengandalkan kolagen alami saja. Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi bubuk atau capsul kolagen yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kecantikan maupun kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya.

Mengurangi Garis Halus dan Tanda Penuaan

Manfaat yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga Anda. Mengonsumsi kolagen secara rutin dapat membuat kulit terhidrasi dan meningkatkan elastisitas kulit serta memperbaiki tanda-tanda penuaan dan garis-garis halus di wajah Anda. Hal ini karena kolagen memiliki efek anti-penuaan yang mampu mengencangkan kulit.

Melembabkan Kulit

Kandungan protein yang terdapat di dalam kolagen mampu menghidrasi dan mengatasi permasalahan kulit kering serta menjaga kelembaban alami kulit Anda.

Mengatasi Selulit dan Dark Spot

Selulit terjadi saat kondisi kulit menipis dan mulai meregang. Kolagen mampu merangsang proses regenerasi sel-sel kulit yang rusak akibat selulit yang menyebabkan kulit bergelombang dan memiliki tekstur yang tidak rata.

Kolagen juga dapat bermanfaat untuk memperbaki jaringan bekas luka jerawat yang disebabkan oleh kerusakan jaringan ikat pada kulit dan mempercepat proses penyembuhan.

Mengatasi Hiperpigmentasi

Anda pasti memiliki beberapa titik di wajah yang warna kulitnya sedikit berbeda dengan warna kulit lainnya. Kondisi ini disebut hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi merupakan kondisi di mana kulit memproduksi melanin berlebih akibat paparan sinar UV berlebih. Mengonsumsi kolagen dapat membantu meratakan warna kulit Anda dan menjaga lapisan epidermis kulit agar tetap cerah dan sehat.

Menyehatkan Rambut

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kolagen memiliki kandungan asam amino. Rambut sendiri terbuat dari protein keratin yang disusun oleh asam amino. Oleh karena itu, mengonsumsi kolagen dapat membantu menyehatkan rambut dan memberikan manfaat untuk pertumbuhan rambut.