Ingin Kamar Terlihat Lebih Luas dan Aesthetic, Simak Tips & Trik Berikut Ini

Design24 August 2021

By Rambu Moara

Ingin Kamar Terlihat Lebih Luas dan Aesthetic, Simak Tips & Trik Berikut Ini

Meski berukuran kecil, memiliki kamar yang nyaman merupakan poin penting agar tubuh dapat beristirahat dan menjadi rileks. Berikut beberapa tips untuk memiliki kamar estetik dan nyaman walau tidak terlalu luas.


Tentukan Pola Warna Ruangan dan Furnitur

Sebelum menentukan barang-barang yang ingin Anda beli, ada baiknya untuk mencari pola warna seperti apa yang Anda inginkan. Beberapa saran warna untuk membuat kamar lebih nyaman dan estetik yaitu tipe warna earth tone. Anda dapat mengkombinasikan warna tersebut secara horizontal ataupun vertikal untuk menghias ruangan Anda.

Pemilihan Furnitur dan Hiasan

Dalam menentukan penggunaan furnitur, Anda perlu mengecek luas ruangan yang dimiliki. Ini diperlukan agar Anda tidak akan salah dalam memilih furnitur seperti apa dan sebesar apa yang akan digunakan di ruangan tersebut. Dengan begitu, Anda dapat membeli barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Agar terlihat lebih luas, pertimbangkan untuk memakai barang-barang yang minimalis tetapi fungsional. Anda bisa menggunakan lemari/wardrobe yang kecil dan membeli rak gantung dan rak susun serta kotak penyimpanan. Penggunaan furnitur seperti ini dapat membuat kamar anda rapi dan terorganisir.

Untuk hiasan, pada kamar sempit tidak disarankan untuk menggantung banyak barang seperti bingkai foto karena akan membuat kamar terlihat lebih sempit. Jika memang perlu hiasan dinding, Anda bisa menggantungkan satu bingkai berukuran besar, atau dua bingkai berukuran sedang pada satu sisi tembok saja.

Penggunaan Sprei Berwarna Polos

Ranjang adalah salah satu furnitur yang paling cepat ditangkap oleh mata ketika masuk ke kamar. Oleh karena itu, agar memberi kesan luas pada kamar, gunakan seprai tanpa motif dan satu warna saja. Jika Anda merasa terlalu polos, Anda bisa memberi sedikit aksen dengan menambahkan satu-dua bantal mini dengan warna berbeda tetapi masih dalam satu tone warna yang sama dengan warna dasar seprai.

Penempatan Cermin

Cermin berfungsi untuk memantulkan bayangan di depannya. Penggunaan cermin sangat penting, khususnya ketika Anda memiliki kamar yang sempit. Anda dapat menggunakan standing mirror frameless berukuran full/half body dan ditempatkan di sudut kamar Anda. Penggunaan cermin gantung juga dapat digunakan dan ditempatkan di dekat sudut ruangan. Dengan begitu, cermin akan membantu memberi pantulan kamar sehingga terlihat lebih luas dari aslinya. Penggunaan cermin gantung dengan bantuk bulat lebih disarankan untuk kamar yang tidak terlalu luas.

Pemaksimalan Cahaya

Cahaya juga membantu kamar untuk terlihat lebih luas. Namun, ini akan menjadi kendala jika Anda memiliki jendela yang kecil atau berada di kondisi tidak memungkinkan untuk membuka jendela. Oleh karena itu, agar kamar tetap terlihat luas, tambahkan lampu sudut, baik yang standing ataupun yang diletakkan di meja. Anda dapat menggunakan bola lampu dengan warna warm agar tidak silau. Pantulan cahaya ke dinding akan membuat kamar anda terlihat lebih luas.

Lilin Aromaterapi

Last but not least, Anda bisa menggunakan lilin aromaterapi sebelum tidur agar tubuh terasa rileks dan tidur terasa nyenyak. Selain lilin, diffuser juga dapat menjadi alternatif jika Anda tidak menyukai bahan-bahan yang harus dibakar seperti lilin.