Share
Ingin Harum Seharian? Kenalilah Jenis-Jenis Parfum Sesuai dengan Tingkat Ketahanan Aromanya
Clara Enocensia
14 January 2022

Jenis-jenis parfum dan cara yang tepat memilih parfum sesuai penggunaannya.


Setiap orang memiliki selera yang berbeda dalam menentukan aroma wewangian. Ada yang lebih suka dengan aroma lembut, ada juga yang gemar aroma yang kuat. Terkadang dunia wewangian atau yang lebih dikenal dengan parfum, memang cukup membingungkan. Ada berbagai jenis parfum dengan istilah yang jarang Anda dengar.

Setiap parfum memiliki konsentrasi yang berbeda. Perbedaan itulah yang membuat efek parfum pada kulit juga bervariasi. Untuk membedakan jenis satu parfum dengan yang lainnya, simaklah ulasan berikut ini.

1. Parfum (Extrait de Parfum)

Parfum terbuat dari minyak wangi ekstrak yang murni. Parfum memiliki konsentrasi yang tinggi, sekitar 20-30%. Wanginya cenderung bertahan lama sampai seharian saat diaplikasikan pada tubuh.

Harga parfum cenderung lebih mahal karena memiliki kadar alkohol jauh lebih sedikit daripada jenis wewangian lain. Pemakaian parfum biasanya hanya dioleskan pada titik-titik tertentu dan tidak digunakan di seluruh tubuh. Bagi Anda yang cenderung tidak suka wewangian yang kuat, mungkin saja Anda akan terganggu dengan aroma parfum ini.

2. Eau de Parfum (EDP)

Eau de parfum (EDP) merupakan wewangian yang memiliki konsentrasi aroma antara 15%-20%. Ketahanan aromanya bisa bertahan hingga 4-6 jam. EDP dapat disemprotkan pada rambut dan pakaian. Jenis wewangian ini mirip dengan parfum namun dengan aroma yang lebih lembut sehingga sangat cocok untuk pemakaian sehari-hari.

3. Eau de Toilette

Eau de toilette pertama kali diproduksi pada abad ke-14 dan biasa disebut sebagai "heavenly water". Eau de toilette memiliki kadar minyak esensial yang lebih kecil dibandingkan eau de parfume, yaitu sekitar 5 hingga 15%.

Kandungan minyak esensial yang lebih kecil ini membuat eau de toilette hanya bertahan selama dua hingga tiga jam. Jenis wewangian ini sangat cocok digunakan untuk sehari-sehari, dan ideal untuk cuaca panas/hangat. Sebab, EDT cenderung menyegarkan dan cepat menguap.

4. Eau de Cologne

Eau de Cologne biasanya memiliki konsentrasi aroma 2% sampai 4% dan konsentrasi alkohol yang tinggi. Eau de Cologne atau yang umum disebut cologne, merupakan pilihan wewangian yang lebih ekonomis dengan ketahanan sekitar 2--3 jam.

Jenis wewangian ini yang paling ringan sehingga sangat ideal digunakan sehari-hari untuk cuaca panas. Sayangnya, EDC kurang cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, karena pemakaian EDC bisa membuat kulit kering.