Ingin Bangun Fresh di Pagi Hari, Berikut Tips Capai ‘Deep Sleep’

Wellness07 July 2021

By Novita Angelina

Ingin Bangun Fresh di Pagi Hari, Berikut Tips Capai ‘Deep Sleep’

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kualitas tidurnya kurang baik, sehingga ketika Ia bangun di pagi hari, alih-aih merasa segar, namun Ia malah merasa sangat letih. Deep Sleep diperlukan untuk membuat badan sehat dan siap untuk beraktivitas sepanjang hari.


Belum lama ini presenter handal Indonesia, Daniel Mananta membagikan beberapa tips menarik untuk dapat tidur nyenyak atau mendapatkan “Deep Sleep’ melalui akun sosial medianya. Diketahui belakangan ini Ia banyak membagikan konten-konten menarik dan edukatif yang bermanfaat bagi para pengikutnya di sosial media.

Tips untuk bisa tidur nyenyak ini didapatkan dari pengalaman pribadinya dan sudah terbukti setiap harinya. Daniel berusaha memanipulasi badannya untuk dapat mengantuk di jam tidurnya. Biasanya pada pukul 8 atau 9 malam Ia sudah mulai mengantuk dan sukses untuk mendapatkan deep sleep. Di pagi harinya Ia berhasil bangun jam 5 pagi dengan keadaan fresh dan siap untuk beraktivitas. Berikut tips untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

1. Pastikan mendapatkan sinar matahari yang cukup di siang hari

Menurut Daniel, setiap hari kebanyakan dari kita bekerja di kantor atau di dalam ruangan sehingga kurang mendapatkan banyak sinar matahari dan udara outdoor. Oleh karena itu beberapa hormon di dalam badan kita yang salah membaca kondisi dan berfikir bahwa ini belum siang.
Ketika malam tiba, respon tubuh merasa belum lelah dan memaksa pikiran untuk tetap bekerja padahal seharusnya sudah waktunya untuk badan dan pikiran beristirahat. Jadi pada pagi sempatkan diri untuk berjemur dan merasakan sinar matahari dan udara outdoor. Sinar matahari di pagi hari juga dipercaya mengandung vitamin D yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh tehadap virus.

2. Dua jam sebelum tidur redupkan lampu kamar atau ruangan

Daniel menceritakan bagaimana Ia memanipulasi tubuhnya agar tidak merasa seperti siang ketika malam hari. Dua jam sebelum tidur biasanya Ia muai mematikan atau meredupkan beberapa lampu di ruangan. Ia membiasakan matanya dengan light yang lebih kecil, karena dengan begitu Daniel mulai merasa mengantuk dan badannya dapat membaca sinyal bahwa itu sudah waktunya beristirahat.

3. Jangan melakukan aktivitas fisik yang berlebihan sebelum tidur

Setelah meredupkan lampu, Daniel biasanya tidak melakukan kegiatan yang membuatnya segar kembali, seperti melakukan lompat-lompatan atau aktivitas fisik berat lainnya. Dengan begitu Ia akan jauh lebih tenang. Ia berusaha mengatur ritme nafas sehingga detak jantungnya menjadi lebih rileks. Ritual ini dilakukan 1-2 jam sebelum tidur.

4. Satu jam sebelum tidur letakkan hp di luar

Daniel menjadi salah satu orang yang meletakkan ponselnya di luar dan tidak masuk ke kamar tidur. Menurutnya info, cahaya biru dari ponsel Anda dapat membohongi mata Anda dan membuat Anda segar. Sebagai ganti bermain hp, biasanya Ia mulai membaca buku sekitar lima belas menit sebelum akhirnya mengantuk dan mulai tidur nyenyak.

5. Tidak meminum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein di sore hari

Daniel bercerita bahwa sekarang Ia tidak pernah minum kopi di atas jam 2 siang karena menurutnya masuh ada sisa-sisa kafein serta efeknya yang Ia rasakan di jam 10 malam dan bahkan bisa bertahan sampai pukul 11 malam. Efek sisa kafein yang menyebabkan Ia tiba-tiba terbangun di malam hari dan mengganggu aktivitas deep sleep-nya