Indonesia Kaya kembali Gelar Indonesia Menari 2021 Secara Virtual

Event13 August 2021

By Rambu Moara

Indonesia Kaya kembali Gelar Indonesia Menari 2021 Secara Virtual

Indonesia Kaya melalui Indonesia Menari 2021 menjadi ruang kreatif bagi penikmat seni tari dalam menyalurkan bakat dengan #MenariDIRumahAja.


Indonesia Menari 2021 (IMV2021) adalah acara yang diselenggarakan Indonesia Kaya sejak 2011. Meski sempat ditunda pada tahun kemarin, IMV2021 hadir dengan menggabungkan konsep tarian yang unik yang mudah diingat.

Sejalan dengan peraturan pemerintah yang membatasi mobilisasi dan bentuk kerumunan, IMV2021 diadakan secara virtual dan hanya dapat diikuti oleh peserta individu. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang disemarakkan di tujuh kota, gelaran kali ini terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan usia.

Dalam proses produksi koreografi, IMV2021 menggandeng 3 koreografer berprestasi Indonesia yaitu, Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto dan Ufa Sofura. Terlepas dari perbedaan generasi setiap koreografer, ketiganya berusaha bekerja sama menggabungkan konsep tarian tradisional, kontemporer dan tarian modern selama 1 menit.

Tidak hanya itu, ketiga koreografer ini akan turun langsung menjadi juri setelah babak penyisihan yang diadakan melalui Zoom Meeting Conference. Mengutip perkataan Didik Nini Thowok, Ia mengungkapan rasa bahagia karena dapat bergabung dalam acara yang memperkenalkan seni tari Indonesia. Ia juga mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi, mengingat acara ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Aransemen lagu untuk babak penyisihan acara ini juga dikerjakan langsung oleh Eka Gustiwana dengan menggabungkan lima lagu daerah yaitu Suwe Ora Jamu (Jawa Tengah), Apuse (Papua), Indung-Indung (Kalimantan Timur), Rambadia (Sumatera Utara), dan Pakarena (Sulawesi Selatan). Hasil aransemennya ini menjadi easy listening karena digabungkan dengan unsur musik modern.

Indonesia Kaya sendiri adalah tempat penyalur informasi mengenai budaya Indonesia. Dari 2000 lebih informasi mengenai budaya Indonesia, Indonesia Menari menjadi salah satu bentuk manifestasi dari elemen kesenian yang menampilkan seni pertunjukan Indonesia.

Selain itu, Indonesia kaya juga memiliki produk komunikasi lain seperti artikel, foto dan video mengenai elemen kesenian lain seperti pariwisata, tradisi hingga kuliner berbagai daerah yang dapat diakses melalui website atau media sosial seperti Youtube dan Instagram Indonesia Kaya.