Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Indah Prihardini, Terus Berinovasi untuk Mendapatkan Peluang Bersama Talenta Digital di Indonesia

Profile25 May 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Indah Prihardini, Terus Berinovasi untuk Mendapatkan Peluang Bersama Talenta Digital di Indonesia

Menjadi seorang pemimpin bukanlah suatu tanggung jawab yang mudah. Tidak hanya dituntut membawa dampak positif terhadap perusahaan, pemimpin yang baik juga harus mampu memahami bagaimana cara yang tepat memperlakukan para karyawan dan membawa nama perusahaan ke arah yang lebih baik.


Sebagai seorang Market HR Cluster Lead SEA, Indah Prihardini, paham betul bahwa perkembangan dunia digital saat ini sangatlah pesat. Pesatnya perkembangan dunia digital tersebut membuatnya lebih fokus terhadap bagaimana cara untuk menarik talenta berbakat di dunia digital untuk bisa masuk ke Google Indonesia.

“Saya adalah seorang pemimpin yang sangat fokus terhadap masing-masing individu. Artinya saya mencoba untuk memahami setiap individu yang mempunyai potensi yang berbeda, termasuk apa yang menjadi kekuatan dan kelemahannya.” ungkapnya.

Indah Prihardini atau yang akrab dipanggil Dini juga mengungkapkan bahwa situational leadership: different strokes for different folks, merupakan salah satu gaya kepemimpinan yang ia terapkan dalam pekerjaannya sehari-hari. Ia percaya bahwa setiap karyawan atau Googlers memiliki keunikan, kekuatan dan talentanya masing-masing.

“Sebagai seorang pemimpin, tentunya kita harus mengerti apa yang menjadi kekuatan dari tiap individu di dalam tim dan mencoba untuk terus menambah serta mengembangkan potensi talenta yang mereka miliki.” tambahnya.

Berkecimpung dalam dunia yang bergerak di bidang SDM, Dini menjelaskan bagaimana pentingnya memupuk potensi karyawan serta memberikan tempat kepada mereka dalam menuangkan aspirasinya. Ini menjadi salah satu gebrakan atau inovasi yang tengah dilakukannya saat ini. Ia juga berharap dengan hadirnya potensi karyawan yang lebih baik dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dimasa pesatnya pertumbuhan penggunaan internet saat ini.

“Terus berinovasi untuk produk-produk yang bisa digunakan konsumen, contohnya adalah bagaimana kita berusaha terus-menerus memberikan inovasi di Google, yang mana sudah 10 tahun ada di Indonesia telah banyak produk dan fitur kami yang secara khusus bermanfaat bagi orang Indonesia.” tuturnya.

Sementara itu, menjadi bagian dari Google Indonesia membuatnya belajar banyak hal baru dan beradaptasi menghadapi berbagai perubahan, termasuk bagaimana dari tidak tahu menjadi tahu. Ia berharap agar berbagai inovasi yang telah dilakukan Google di Indonesia dapat membantu memastikan para pengusaha baru, bisnis, dan individu mendapatkan keterampilan digital, hingga mendapatkan peluang untuk terus maju.

Dini baru bergabung di Google Indonesia pada tahun 2020. Selama 18 bulan bekerja bersama Googlers, Ia mengaku bahwa dirinya belum pernah bertemu dengan para atasan maupun timnya secara langsung. Meski begitu, ia memiliki kenangan yang tidak terlupakan saat berada di Google Indonesia

“Kenangan yang tidak terlupakan adalah saat kita baru saja membuka kantor Google baru di Vietnam. Itu adalah suatu project yang selama 18 bulan dilakukan secara virtual dari Indonesia. Jadi itulah pengalaman yang tidak terlupakan, dimana kami semua sebagai tim bekerjasama dari berbagai negara berusaha untuk membuka sebuah kantor di suatu negara yang belum pernah ada sebelumnya, dan dilakukan secara virtual karena berada dalam situasi pandemi.”

Sementara itu, dalam urusan fashion, baik Indah maupun keluarga ternyata lebih nyaman menggunakan gaya simple dan practical dalam keseharian. Hal ini karena dirinya dan keluarga sangat menyukai berkegiatan di luar ruangan.

Photos: Isnu Dwimartanto
Styling: Bung Bung Mangaraja