Share
Iko Uwais & Audy Item Kenalkan Rendang Asli Indonesia ke Luar Negeri
Novita Angelina
21 April 2023

Iko Uwais bersama sang istri Audy Item membuka bisnis kuliner baru dengan memperkenalkan produk kuliner tradisional khas padang bernama Sadjian Lado dan produk buah yang dikeringkan yaitu Iko Uwais Freez Dried Fruit.


Ide mendirikan bisnis kuliner ini muncul dari kegelisahan Audy Item ketika kesulitan mendapatkan makanan Indonesia ketika berada di luar negeri. Oleh karena itu, ia dan suami, Iko Uwais berinisiatif membuat sebuah produk Indonesia yang rencananya akan diekspor untuk menjangkau pasar luar negeri.

"Selama ini kalau ke luar negeri susah banget nyari makanan yang pas di lidah. Apalagi Iko selama keluar, dia kangen masakan Indonesia," ungkap Audy Item.

Produk yang mereka tawarkan kali ini yaitu aneka produk makanan tradisional khas Padang, Sumatera Barat, yaitu seperti rendang, dendeng, hingga paru. Semua produk olahan ini rencananya akan dipasarkan di luar negeri. Mereka tentu yakin rasa masakan Indonesia akan mendapatkan animo yang bagus dari masyarakat luar, selain untuk mengobati kerinduan masyarakat Indonesia yang sedang tinggal atau berkunjung ke luar negeri.

Alasan mereka memilih rendang, karena menurut Audy rendang merupakan makanan Indonesia yang sangat enak dan mudah untuk dibawa ke luar negeri. Audy menceritakan ia biasanya akan membekali Iko rendang ketika ia sedang syuting di luar negeri, karena akan lebih mudah untuk Iko mengkonsumsinya. Iko hanya tinggal menghangatkan rendang tersebut sebelum menyantapnya.

Selain produk makanan khas Padang, Iko Uwais jiga meluncurkan produk kuliner berupa olahan buah yang dikeringkan. Menurut Iko Uwais, saat ini masih jarang sekali pengusaha yang memproduksi buah yang dikeringkan. Ia menambahkan bahwa jika buah dipotong kecil dan dikeringkan, sari-sari dan vitaminnya tidak hilang. Selain itu, makanan ini akan lebih mudah untuk dikonsumsi dan dibawa berpergian.