Share
IBW 2024: Maharani Kemala Dorong Wanita Indonesia sebagai Kartini Era Modern untuk Terus Tangguh!
Putrika Annaya Salsabila
15 May 2024

“Kita sebagai Kartini di era modern, perlu mendorong diri dan menggali potensi yang ada dalam diri kita untuk dapat berkarya dengan cara kita. Teruslah semangat wahai wanita-wanita tangguh!” - Maharani Kemala


Tantangan di dalam industri kecantikan melampaui sekadar estetika; lanskap ini membutuhkan kreativitas, ketangguhan, dan inovasi. Di tengah arus industri kecantikan yang terus mengalir, hadir Maharani Kemala, seorang businesswoman visioner sekaligus founder dari Urban Group yang perjalanannya di industri ini sungguh inspiratif dan transformatif.

Menghadapi tren kecantikan masa kini, Maharani mengatur hari-harinya dengan fokus utama: evolusi terus-menerus dari bisnisnya. Mengakui perubahan yang cepat dalam industri ini, ia secara cermat mempersiapkan strategi untuk memastikan bisnisnya tetap menjadi sinonim dengan keunggulan.

“Tren di dunia beauty sangat cepat berubah sehingga kita sebagai pelaku bisnis di dunia kecantikan juga harus dapat memberikan yang terbaik kepada konsumen,” tegasnya.

Wirausaha Maharani dimulai pada tahun 2014 sebagai reseller produk perawatan kulit. Merasakan meningkatnya permintaan solusi perawatan kulit, ia mengambil langkah berani untuk mendirikan brand kecantikannya sendiri pada tahun 2016. Memanfaatkan pengaruh media sosial, Maharani dengan cakap memasarkan produknya dan membentuk kemitraan dengan influencer terkemuka di Indonesia.

Penjualan yang melonjak mendorong perjalanan Maharani untuk terus maju, membawanya untuk mengembangkan klinik kecantikan yang tersebar di seluruh Indonesia. Bagi Maharani, usahanya bukan hanya tentang menawarkan produk; tapi tentang memberikan pengalaman yang maksimal bagi konsumen selama kunjungan mereka ke klinik.

Maharani 1

Namun, jalan Maharani menuju kesuksesan bukan tanpa tantangan. Maharani menekankan pentingnya komunikasi efektif dan kerja sama tim dalam mengatasi rintangan.

“Komunikasi yang buruk menjadi salah satu penghalang terbesar untuk mencapai goals yang kita inginkan,” jelasnya, menekankan kebutuhan akan membangun hubungan antarpribadi yang kuat dalam tim.

Berkembang di luar lanskap kecantikan, semangat wirausaha Maharani meluas ke berbagai usaha, termasuk investasi properti. Pendekatan Maharani untuk meluncurkan usaha baru melibatkan penelitian menyeluruh, perencanaan strategis, dan menyusun tim yang cakap.

Baginya, waktu adalah aspek penting, sehingga melakukan sesuatu dengan terburu-buru dapat menjadi hal yang berbahaya. Oleh karena itu, ia menyarankan kesabaran dan presisi dalam usaha bisnis.

Merefleksikan perjalanannya, Maharani memuji kebaikan manajemen waktu dan ketangguhan di tengah persaingan sengit.

“Kompetitor juga merupakan dorongan semangat untuk menjadi lebih baik lagi,” ucapnya, memberikan pelajaran berharga pada orang-orang yang bermimpi untuk menjadi entrepreneur.

Maharani 3

Sebagai figur wanita yang inspiratif, Maharani mengaku mendapatkan motivasi dari sosok-sosok wanita pionir yang telah meruntuhkan hambatan dan membuka jalan bagi orang lain. Meskipun dia mengagumi banyak ikon wanita, dia menyimpan penghormatan khusus untuk RA Kartini, lambang emansipasi wanita di Indonesia.

“Saya ingin, bersama wanita-wanita Indonesia, menjadi RA Kartini masa kini yang semangatnya tidak pernah padam untuk mencapai dan meningkatkan kualitas dan kapasitas diri,” tegasnya.

Bagi Maharani, kecantikan melampaui hal-hal yang hanya bisa dilihat secara fisik. Menurutnya, kecantikan berasal dari kepercayaan dan keyakinan diri. Ia menganjurkan bahwa kepercayaan diri adalah pondasi kecantikan, memberdayakan individu untuk menentukan standar mereka sendiri.

Menyeimbangkan passion, komitmen sehari-hari, dan tugas keluarga membutuhkan perencanaan yang cermat bagi Maharani. Dengan mengalokasikan waktu dengan bijaksana, ia memastikan dapat mengejar aspirasinya tanpa mengorbankan kehidupan keluarganya.

Maharani 2

Menjaga kesehatan dan kesejahteraan juga penting bagi Maharani. Ia percaya rasa syukur adalah langkah pertama untuk mempertahankan vitalitas seseorang, menyoroti pentingnya rutinitas perawatan diri dan perawatan profesional. Saat berbicara tentang mode, bagi Maharani, itu adalah bentuk ekspresi diri dan pemberdayaan. Ia percaya mode memungkinkan individu untuk menegaskan identitas mereka dengan berani.

Menggambarkan wanita karier modern, Maharani sekali lagi menarik contoh dari semangat tak terkalahkan RA Kartini. Ia mendorong wanita untuk memanfaatkan potensi mereka dan mengukir jalannya di dunia, menggaungkan pesan pemberdayaan dan keyakinan dalam diri sendiri.

Ketika Maharani Kemala memandu kita melalui perjalanan inspiratifnya sebagai pengusaha, ia memastikan bahwa kita memahami konsep bahwa kecantikan tidak terbatas pada kosmetik; tapi juga pernyataan atas ketangguhan, inovasi, dan tekad yang teguh untuk menginspirasi orang lain untuk terbang ke tempat yang lebih tinggi.

Photos Courtesy of MAHARANI KEMALA