Share
IBW 2024: Elsa Japasal, Wajah Baru Penuh Talenta Industri Hiburan Tanah Air
Dewi Anggriani Siregar
15 May 2024

Elsa Japasal atau yang akrab disapa Eca merupakan salah satu bintang muda yang mampu membuktikan kemampuannya di industri entertainment dengan segudang bakat yang ia miliki.


Eca merupakan salah satu talent dari sebuah tim esports. Eca aktif di dalam membuat konten tentang gaming dan beberapa waktu belakangan ini, dia melangkah lebih jauh lagi lebih tenar di dunia entertainment. Sebelum menjajaki karier di esports, Eca dikenal aktif dan tenar melalui platform TikTok. Menjadi kreator konten aktif sejak tahun 2020, Eca berhasil membawa dirinya menuju kesuksesan. Begitu banyak orang yang menyukai dirinya saat ini berkat kepribadian menarik dan bakat yang ia miliki.

Eca lahir di Makassar, 14 November 2001. Meski begitu, ia tinggal dan dibesarkan di Malang, Jawa Timur. Setelah menyelesaikan studinya di SMA Katolik Rajawali, Eca sempat menempuh pendidikannya di Malaysia tepatnya di Taylor's University. Berkat banyaknya sorotan yang ia dapat, Eca pun sering diundang sebagai host dan bintang tamu di berbagai podcast hingga talkshow hingga namanya melejit dan mendapat berbagai respon positif. Momen ia memulai karir secara tidak sengaja itu pun pada akhirnya mengantarkan Eca kepada industri entertainment yang turut membesarkan namanya.

ELSA JAPASAL

“Aku merasa sangat diberkati dengan banyaknya respon positif dan pandangan orang lain yang membuat aku lebih mengenal kelebihan diriku dan sadar bahwa ternyata aku punya value lebih. Semenjak saat itu aku jadi lebih percaya diri untuk terus menjadi diriku di dunia entertainment dan mengembangkan setiap potensi yang aku punya mulai dari bernyanyi bahkan belajar dunia baru seperti comedy, acting, dan mc yang ekspansinya terbilang besar.” tutur Eca.

Menjadi pendatang baru di dunia entertainment, Eca memiliki segudang kesibukan akhir-akhir ini seperti menjadi co-host di salah satu siaran podcast, menjalani tanggung jawabnya sebagai Brand Ambassador di AURA E-Sport, ia kini juga menjalin sejumlah kerjasama dengan beberapa brand ternama dan melakukan kegiatan endorsement, advertising, visit, serta aktivitas lainnya. Bahkan, Eca juga mengungkapkan bahwa saat ini ia tengah berusaha untuk membangun dan menjalankan YouTube pribadinya.

Memiliki segudang tanggung jawab, Eca mengaku merasa sangat enjoy menjalaninya. Masih ada banyak sekali hal yang ingin ia pelajari dan tunjukkan kepada orang banyak. Ia ingin menghibur dan menjadi bermanfaat bagi banyak orang dengan segala potensi yang ia punya. Meskipun terbilang baru di dunia entertainment, Eca selalu berusaha menggali ilmu dari banyak orang melalui diskusi dan brainstorming. Meski begitu, ia tidak menepis bahwa selalu ada rintangan dalam setiap hal, termasuk perjalanan karirnya.

“Salah satu kesulitan yang aku alami saat masuk ke industri entertainment adalah bagaimana aku bisa menepiskan segala stereotype orang terhadap anggapan bahwa Brand Ambassador E-sport hanyalah mengandalkan kecantikan ketimbang bakat. Jadi, aku berusaha sebisa mungkin untuk menunjukkan semua kualitas dan kemampuan yang aku punya di setiap kesempatan yang aku dapatkan.” pungkasnya.

ELSA JAPASAL

Untuk ke depannya, Eca mengaku akan tetap fokus ke dunia hosting dan masuk lebih dalam ke ranah comedi. Akan tetapi ada satu hal yang sangat ia inginkan untuk into ke dalamnya adalah dunia musik, yakni menyanyi, karena menyanyi merupakan salah satu hobi yang paling ia gemari. Oleh karena itu Eca tengah mempersiapkan diri lebih mulai dari mengasah bakatnya hingga melatih mental untuk bisa lebih percaya diri dan bisa bernyanyi di depan banyak orang.

Hingga saat ini, Eca mengaku merasa sangat bersyukur diberi banyak kesempatan untuk bekerjasama dengan orang-orang hebat yang pada akhirnya mendorong dirinya untuk bisa tampil baik dan semaksimal mungkin. Karena menurutnya, lingkungan bekerjanya saat ini sangat mendukung untuk ia mengembangkan segala bakat yang ia punya. Ia pun juga belajar untuk menjadi orang yang lebih terbuka dan menerima segala bentuk kritikan dan saran demi kebaikannya di masa mendatang.