Share
IBW 2023 : Tari Wirtjes Ajarkan Gaya Hidup Sehat, Aktif dan Menyenangkan Lewat POUND
Annisa Laksmi
22 May 2023

POUND Master Trainer / POUND Icon adalah satu-satunya yang berotoritas untuk membawakan pelatihan Pound bagi para calon instrukturnya, dan di Indonesia, sosok ini adalah Tari Wirtjes.


Berawal dari berolahraga sebagai cara melepas kepenatan dari pekerjaannya di bank, Tari Wirtjes mengambil sertifikasi untuk program pelatihan kebugaran dan kebugaran kelompok, juga secara aktif mengajar kelompok kebugaran sejak 2012. Namun, Tari menyadari bahwa ia harus fokus pada satu hal untuk mengejar keunggulan, dan menemukan versi terbaik dari dirinya.


Tari memantapkan hati untuk banting setir menjadi seorang professional di dunia fitness pada tahun 2015 dan semenjak tahun 2017 memfokuskan karirnya sebagai penggiat Pound.


Pound adalah sebuah workout berintensitas tinggi yang menggunakan stik hijau khas bernama Ripstix yang digebuk layaknya penabuh drum, dan kini menjadi salah satu program group fitness terpopuler yang sangat dicari dan diminati. Pound diiringi lagu-lagu ceria penuh energi.


Menurut Tari, Pound bukan hanya sekedar pekerjaan dan program olahraga yang ia tekuni, tapi juga sudah menjadi bagian dari hidup dan identitasna. “Pound membantu saya berkembang tidak hanya menjadi pribadi yang lebih baik, lebih dewasa, tapi juga dari sisi kualitas leadership. Saya sangat bersyukur sebagai seorang muslim, Pound membuka pintu mereka dengan luas tanpa adanya judgement, sehingga membuktikan value inklusivitas yang mereka usung bukan hanya omong kosong belaka; any age, any stage, apapun gender dan latar belakangnya, Pound is for everybody and every body!” ujarnya. Melalui Pound, Tari berharap dapat menginspirasi wanita dan wanita berhijab manapun agar bisa tetap menjalani gaya hidup sehat dan aktif dengan menyenangkan.


Di dunia Pound, Tari bisa merasa nyaman dan menjadi dirinya sendiri. “Lagu-lagu yang seru, gerakan-gerakan yang menantang, konsep anti-uniform yang mengedepankan kita untuk menjadi diri sendiri memantapkan saya bahwa saya adalah Pound,” jelasnya. “Untuk saya personally, style dan vibes Pound sangat align dengan style saya sebagai seorang muslim, dimana saya masih bisa nge-rock meskipun dengan aurat yang tertutup. Tidak hanya itu, komunitas Pound yang sangat erat juga membuat saya merasa nyaman seperti berada dirumah dan bisa menjadi diri sendiri apa adanya.”


Sebagai seorang pemimpin, Tari percaya bahwa lebih sedikit bicara dan lebih banyak bertindak untuk menyemangati orang lain. “I’ve always aspired to lead this community by example semenjak dilantik menjadi Pound Icon. Saya berharap dengan cara seperti ini, komunitas dan sekeliling saya bisa inspired dengan mengambil hal yang sekiranya baik untuk bisa mereka terapkan tanpa merubah dirinya dan menjauhi yang tidak baik, sehingga mereka bisa tetap menjaga authenthicity-nya!”


Tari kini fokus untuk memimpin pelatihan Pound Pro di seluruh Indonesia dan event-event Pound, juga untuk mengembangkan sayap Pound ke seluruh Indonesia. Sudah ada sekitar 1000 instruktur yang tersertifikasi, dengan 300 yang aktif mengajar di seluruh Indonesia. Selain itu, project yang akan datang lainnya adalah Band Practice yang akan dilaunch pertama kali di bulan Juli dimana seluruh Pound Pro akan berkumpul dan membedah koreografi bersama untuk meng-upgrade skill mengajar mereka.

Photos: Febi Ramdhan

Stylist: Bung Bung Mangaraja