Share
IBW 2023: Nycta Gina dan dan Kegigihannya sebagai Seorang Perempuan
Salsabila Andika Putri
22 May 2023

Apa kabar aktris Jeng Kelin? Nycta Gina ternyata tetap berkutat di dunia entertainment, menyuguhkan kehidupannya yang luar biasa sebagai seorang ibu dan istri.


Siapa yang tak tahu nama Nycta Gina? Wanita ini memulai karirnya sebagai pembawa acara dan komedian sebelum menjadi penyiar radio di Prambors FM. Namanya melejit berkat karakter nyentrik-nya sebagai Jeng Kelin di acara Extravaganza pada tahun 2000-an.

Terlepas dari karirnya sebagai penyiar, dia memulai debut aktingnya sebagai pemeran utama sinetron Gadis di tahun yang sama. Setelahnnya, ada begitu banyak kesempatan untuk berkarya datang ke tangannya. Nycta Gina telah berakting di berbagai film selain televisi, antara lain Queen Bee (2009) dan Poconggg Juga Pocong (2011). Selain itu, ia berperan sebagai dubber dari Despicable Me 1 dan Despicable Me 2.

Perempuan kelahiran Minangkabau ini menekuni jurusan kedokteran semasa kuliah dan akhirnya lulus dengan lisensi sebagai dokter umum. Kini setelah Gina menjadi dokter kandungan, ia mengaku mempersingkat jam praktiknya demi meluangkan waktu bersama keluarganya.

Sejak kecil, perempuan bernama lengkap Rizna Nyctagina ini sudah bercita-cita menjadi dokter. Dia bekerja keras di kelas untuk lulus seleksi PMDK di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Alasannya cukup mengharukan karena dia ingin menjadi dokter kandungan setelah kematian saudara perempuannya dalam kandungan sang Ibu. Keadaan itu membuat tekadnya menjadi sangat kuat.

Dengan dipersingkatnya jam kerja sebagai dokter, Nycta Gina banyak berbagi pengalamannya menjadi seorang istri dan ibu melalui podcastnya bersama sang suami, Rizky Kinos bertajuk KinosGina di Spotify. Tak hanya itu, Nycta Gina juga aktif membuat konten bersama suaminya di Youtube.

Menjadi seorang ibu, kegigihannya-pun ditunjukkan melalui rangkaian pola asuh yang dia bagikan. Baru-baru ini ia berbagi cerita tentang quality time-nya bersama anak-anak di tengah kesibukannya sebagai entertainer. Salah satu anaknya, Sheet Putih Trinycta alias Uti, ternyata adalah penggemar berat Blackpink, dan Nycta Gina menghormati kesukaan sang anak sampai-sampai dia mengizinkannya untuk belajar menari.

Aktris itu selalu berharap yang terbaik untuk kedua anaknya; bahkan setelah melakukan kesalahan sebagai seorang ibu, dia langsung bangkit dan menemukan solusi yang tepat untuk anak-anaknya. Hal ini terlihat pada kasus dari anak sulungnya, Uta, yang memiliki masalah tumbuh kembang.

Mencari solusi terbaik untuk putranya, Nycta mengasuhnya dengan terapi yang akan membantu pertumbuhannya. Uta akhirnya harus berobat dan harus memakai beberapa fasilitator, salah satunya sepatu. Itulah sebabnya Uta selalu tampak memakai sepatu di mana-mana, bahkan di rumah. Nycta dengan telaten merawat Uta demi kebaikan anaknya di masa depan. Tentu saja, itu merupakan tindakan yang mengagumkan sebagai seorang ibu.