Share
IBW 2023: IDGITAF Selalu Berkarya Dengan Jujur di Dunia Musik Indonesia
Dewi Siregar
22 May 2023

Sebagai salah satu musisi dengan tipe suara dan gaya bernyanyi yang khas, IDGITAF percaya bahwa karya yang jujur dengan cinta akan mendapat tempat spesial di hati khalayaknya.


Brigitta Sriulina Beru Meliala sudah tertarik dengan musik sejak kecil. Anak ketiga dari empat bersaudara dari pasangan Adrianus Eliasta Sembiring Meliala dan Maria Regina Rosari Ginting itu kini tengah menggarap album pertamanya yang akan dirilis pertengahan 2023. Lahir pada 15 Mei 2001, perjalanan karir musisi ini dimulai saat ia bermain band di bangku SMA dan dilanjutkan kuliah. Ia mulai memperhatikan saat bergabung dengan TikTok pada Agustus 2020 dan mengunggah video cover bernyanyi.

Pada tahun 2021, IDGITAF terpilih menjadi pemenang untuk kategori Best of Performer on the Year di TikTok Awards Indonesia 2020. Dalam Year of TikTok 2020, IDGITAF juga berhasil masuk sebagai salah satu Rising Creators.

Belum lama ini IDGITAF merilis single berjudul “DERMAGA”, yang akan disertakan dalam album terbarunya. Melalui “Dermaga,” ia mencoba menggambarkan serta menganalogikan perasaannya di mana dermaga melambangkan momen pertemuan dan perpisahan di berbagai tahapan kehidupan manusia.

Memiliki jenis suara dan gaya bernyanyi yang khas, IDGITAF memiliki cara unik dalam menjaga vokal dengan melakukan pemanasan ringan sebelum bernyanyi dan memastikan suara tidak digunakan secara berlebihan. Mempertahankan kebiasaan makan dan minuman herbal adalah faktor penting lainnya dalam suara primal solois ini.

Kebosanan akan selalu menyertai setiap pekerjaan atau aktivitas. Tak terkecuali, IDGITAF mengaku sempat mengalami fase jenuh sebagai musisi. “Kebosanan itu pasti ada, saya atasi dengan merengkuh rasa itu, membiarkan diri saya menemukan kegiatan lain yang saya senangi atau mungkin saya nikmati. Akan muncul kerinduan untuk bermusik lagi, jadi saya membiarkan diri saya bosan, dan ketika saya sudah merindukannya , saya akan kembali lagi. Pastikan selalu kembali ke akar kita," ujarnya.

IDGITAF memiliki nilai hidup yang ia pegang: integritas dalam pekerjaannya, di mana ia memiliki hal-hal yang dapat dibanggakannya di masa depan—selamanya—yang dapat bermanfaat bagi orang lain. "Saya akan memastikan bahwa apa pun yang saya buat adalah sesuatu yang saya sukai dan nikmati. Saya harap pekerjaan memiliki tempat dan nilai di hati setiap orang yang mendengarkannya," katanya.