Share
IBW 2022: Sarwendah Tan Sukses Jalankan Berbagai Peran dalam Karir dan Keluarga
Irma Luthfiya
05 April 2022

Menjadi aktris, pebisnis wanita, dan ibu rumah tangga dalam satu waktu sekaligus tentu bukan hal yang mudah. Namun, Sarwendah bisa membuktikan bahwa hal tersebut bisa dilakukan dengan baik.


Aktris kelahiran 29 Agustus 1989, Sarwendah Tan memulai karirnya pada industri musik tahun 2011 silam dan menjadi bagian dari girlband Indonesia bernama Cherrybelle. Seiring berjalan waktu, saat ini ia sudah tidak lagi bergabung dengan girlband tersebut dan sudah menikah dengan salah satu aktor bernama Ruben Onsu. Kesibukannya saat ini pun beragam, mulai dari aktris, pebisnis, sampai ibu rumah tangga.

Menekuni banyak kegiatan dalam satu waktu mengharuskan Sarwendah untuk membuat dan memiliki prioritas dalam setiap kegiatannya. “Tentu saja prioritas utama adalah keluarga. Saya biasa melakukan aktivitas atau kegiatan setelah mengurus anak-anak dan rumah bahkan kadang saya akan memilih untuk melakukan pekerjaan secara remote atau dari rumah aja,” ucap Sarwendah.

Ketika duduk di bangku sekolah dasar, Sarwendah pernah membeli satu sticker ukuran besar dan membaginya menjadi beberapa potongan kecil untuk dijual. Dari situ ia meraup keuntungan sampai Rp. 50.000,-. Hal tersebut membuktikan kegemaran Sarwendah terhadap dunia bisnis sudah ada sejak kecil dan terus berkembang sampai saat ini. Itu terbukti dari banyaknya bidang bisnis yang digeluti oleh Sarwendah dari makanan & minuman, fesyen, serta kecantikan.

Ia selalu mencoba memanfaatkan hal-hal di sekitarnya untuk menjadi peluang bisnis. Seperti halnya salah satu jamu tradisional yang disebarkan dari resep keluarganya yang gemar mengkonsumsi minuman-minuman herbal dan tradisional sampai daster yang berawal dari kegemarannya menggunakan daster sehari-hari sehingga berhasil menarik minat banyak orang.

Menurut Sarwendah, saat ini, sudah banyak perempuan-perempuan hebat yang bisa melaksanakan banyak hal sekaligus. Banyak perempuan menjadi kartini modern dengan gayanya masing-masing, seperti perempuan yang mengejar mimpinya, perempuan yang memilih menjadi ibu rumah tangga, bahkan perempuan yang melakukan keduanya sekaligus. Semua perempuan bisa menjadi kartini versi mereka.

Sebagai orang yang bekerja di dunia entertainment, tentu Sarwendah kerap mendapatkan tuntutan untuk selalu berpenampilan menarik. Namun, hal tersebut tidak membuat Sarwendah untuk merubah gayanya sendiri, yakni berpenampilan simpel dan elegan. Menurutnya, penampilan memang menjadi salah satu hal penting untuk menunjang kecantikan, namun tidak hanya itu, cantik juga bisa dilihat dan dibangun dari dalam.

“Cantik itu bukan hanya tentang berparas cantik, berpenampilan menarik, namun dari hati. Tentu berpenampilan menarik itu penting namun cantik juga terpancar dari dalam diri kita, yaitu seputar bagaimana kita berperilaku. Harus seimbang antara kecantikan dari luar dan dari dalam kita,” tutup Sarwendah.

Acara penghargaan Indonesia’s Beautiful Women ini dapat disaksikan secara langsung melalui platform YouTube majalah HighEnd pada tanggal 12 April 2022, pada pukul 15.00 WIB. Anda dapat mengaksesnya pada link ini.

https://www.youtube.com/user/highendmagz