Share
IBW 2022: Rina Ciang Sukses Hadapi Tantangan dalam Bisnis Karoseri
Irma Luthfiya
05 April 2022

Siapa bilang bisnis karoseri mobil hanya untuk para lelaki? Rina Ciang berhasil membuktikannya berbeda! Tentu dalam perjalanannya banyak sekali rintangan dan tantangan namun ia berhasil melakukannya dengan baik.


Menjadi pebisnis yang menggeluti bidang karoseri mobil tentu tidaklah mudah. Melalui PT Bengawan Karya Sakti, Rina Ciang berhasil mengelola pembuatan berbagai jenis karoseri mobil, mulai dari mobil box, ambulans, sampai berbagai jenis truk.

Dalam menjalankan bisnisnya, Rina sangat mengedepankan kejujuran. Kejujuran merupakan nilai yang sangat ia pegang dalam hidupnya. Ia siap menerima keluhan setiap saat, berusaha untuk tidak merugikan orang lain, dan memberikan apa yang menjadi hak orang lain. Semua itu adalah bagian dari kunci kesuksesannya.

Selain itu, sebagai seorang pemimpin, ia berhasil menerapkan kejujuran sebagai aturan utama di perusahaannya. Dia tidak mentolerir kebohongan. “Saya selalu berusaha menerapkan nilai-nilai kekeluargaan dalam mengelola bisnis ini, namun saya tetap harus tegas dan bijaksana, terutama dalam kasus penipuan dan pencurian,” cerita Rina.

Sebagai ibu dari empat anak, Rina memiliki impian dan harapan besar bagi generasi muda saat ini. Ia berharap generasi muda bisa lebih maju dan sukses dari generasinya. Harapan ini bukan sekedar harapan biasa, hal ini ia tunjukan dengan berkontribusi memberikan beasiswa pendidikan gratis kepada beberapa orang yang membutuhkan.

Tak hanya itu, ia juga memiliki harapan agar setiap perempuan di Indonesia selalu berjuang, memajukan, dan menjunjung tinggi hak-hak perempuan serta menjadi Kartini milenial versi mereka sendiri. Dia mengatakan bahwa wanita harus cantik, tidak hanya dengan penampilan tetapi juga dari sikap, pikiran, dan lainnya.

"Tidak ada standar kecantikan. Yang penting tentang menjadi cantik bukanlah berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk pakaian Anda atau berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk perawatan kulit Anda karena kecantikan tidaklah mahal, selama Anda tahu nilai Anda dan bagaimana Anda menunjukkan nilai Anda. kepada orang lain. Nilailah yang membuat Anda terlihat menarik dan cantik,” kata Rina.

Menurut Rina, fashion sama pentingnya dengan harga diri. Fashion adalah aspek untuk menunjukkan identitas Anda dan membuat branding untuk diri Anda sendiri. Bahkan perempuan atau laki-laki juga harus memperhatikan penampilan mereka di depan umum. Orang biasanya menilai seseorang dari penampilannya, dan itu adalah hal wajar yang tidak bisa kita kendalikan. Jadi, tidak peduli berapa banyak uang yang Anda keluarkan untuk pakaian Anda, Anda harus selalu terlihat bagus, nyaman, dan menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri.

Acara penghargaan Indonesia’s Beautiful Women ini dapat disaksikan secara langsung melalui platform YouTube majalah HighEnd pada tanggal 12 April 2022, pada pukul 15.00 WIB. Anda dapat mengaksesnya pada link ini.

https://www.youtube.com/user/highendmagz

Photos ISNU DWIMARTANTO
Styling BUNG BUNG MANGARAJA