Share
IBW 2022: Lolita Djong, Leading Lady di Bidang Maritim
Adelia Ayu
05 April 2022

Menjalani bisnis di bidang maritim yang didominasi oleh kaum pria, Lolita Djong ingin para wanita untuk terlibat aktif dan berpartisipasi di bidang ‘maskulin’ dan mengukir cita-cita melaluinya.


Slogan sederhana ‘Women Empowering’ membuat Lolita Djong mantap menjalankan bisnis di bidang maritim. Hal ini tentu memberikan tantangan tersendiri bagi sang pengusaha, mengingat bidang tersebut didominasi oleh kaum pria. “Sejak beberapa dekade lalu, bidang maritim banyak diisi oleh pria. Hal inilah yang mendorong saya terjun ke dalamnya dan ingin melakukan women empowerment di dalamnya,” tuturnya.

Pemilik dan pendiri PT. Permata Lintas Abadi ini mengalami sejumlah tantangan di awal mendirikan bisnis perkapalan. Lolita memulai semua dari nol dan menjalankan bisnis freight forwarding di awal. “Setelah saya merasa pengalaman dan modal cukup untuk mengembangkan bisnis, saya memutuskan untuk membeli satu set kapal hingga mampu memiliki sejumlah tug boat dan barge,” kisah wanita yang resmi memiliki kapal pertamanya pada tahun 2012 silam.

Kesuksesan Lolita menjalankan bisnis di bidang yang didominasi pria tidak lepas dari sentuhan wanita yang Ia berikan melalui gaya kepemimpinan dan berbisnisnya. Bagi dirinya, kejujuran, disiplin dan loyalitas adalah hal penting bagi seorang pemimpin. “Selain ketiga hal tersebut, saya juga menerapkan hubungan hangat antara pemimpin dan staff untuk menciptakan rasa memiliki dan etos kerja yang baik,” ujarnya. Sebagai wanita, Ia juga berhasil menerapkan sensitivitas dan kehangatan di dalam pekerjaannya melalui classy act-nya di lingkungan maritim yang identik dengan cuaca panas dan dataran gersang.

Sebagai Ibu sekaligus pebisnis, Lolita sadar akan pentingnya inner beauty bagi kaum hawa. “Rasa syukur dan pikiran positif membantu wanita untuk maju. Jika kualitas positif sudah ada di dalam diri, hal itu akan terpancar melalui penampilan kita,” ucapnya. Melalui penghargaan IBW 2022 yang diterimanya, sang woman entrepreneur ini berharap para wanita Indonesia dapat mencapai impian dan setara dengan kaum pria.

Acara penghargaan Indonesia’s Beautiful Women ini dapat disaksikan secara langsung melalui platform YouTube majalah HighEnd pada tanggal 12 April 2022, pada pukul 15.00 WIB. Anda dapat mengaksesnya pada link ini.

Photos ISNU DWIMARTANTO

Styling BUNGBUNG MANGARAJA