Share
IBW 2022: Clarissa Herliani Tanoesoedibjo Bagikan Cerita Dalam Kembangkan Industri Digital Tanah Air
Listya Manopo
12 April 2022

Di usianya yang baru menginjak 25 tahun, Clarissa Herliani Tanoesoedibjo saat ini dipercaya untuk menjabat sebagai Managing Director Vision+, sebuah platform streaming over-the-top (OTT) milik MNC sendiri.


Jalan yang dilalui seorang Clarissa hingga menuju kesuksesannya saat ini tidaklah mudah dan tidak datang secara instan. Semuanya itu dilalui dengan kerja keras, ketekunan, dorongan, dan semangatnya untuk mencapai tujuannya. Setelah meraih gelar Master di bidang Administrasi Bisnis dari Crowell School of Business – Biola University, ia memulai karir profesionalnya di MNC GROUP dan bertekad untuk mempelajari trik perdagangan media dan industri digital. Sebagai perwakilan dari kaum muda, Clarissa tahu bahwa ia ingin menjadi bagian dari industri media digital yang berkembang, khususnya dalam pembuatan original series.

“Sebagai Managing Director Vision+, saya mengawasi produksi sampai ke detailnya, dan karena kami mulai mempelajari produksi original series, saya juga memimpin tim produksi Vision Pictures, yang merupakan unit bisnis khusus di bawah Vision+. Selain itu, saya juga Direktur Proyek Cameo, saluran Youtube di bawah Vision+, yang sejalan dengan niat kami untuk hadir di industri media, media sosial, dan komunitas, ” baginya.

Clarissa mengakui memiliki banyak rencana untuk bayi digitalnya, Vision Pictures, sebuah rumah produksi yang secara eksklusif memproduksi karya untuk ditayangkan di Vision+. Dorongan utamanya adalah untuk menciptakan cerita yang sesuai dengan target pasar Milenial dan Gen Z, sambil menangkap esensi 'lokalitas' dalam arti menjadi orang Indonesia sejati di zaman sekarang ini.

Untuk musim Ramadhan ini, Vision Pictures sangat bersemangat untuk merilis serial drama-religi pertamanya di luar Indonesia dan di kota Konta, Turki yang indah, berjudul 'MenemukanMu' atau 'I Found You'. Selain spiritualitas, plot dan sudut cerita berputar di sekitar karakter yang berpusat pada identitas, hubungan, dan romansa.

“Kami memilih Turki sebagai lokasi utama kami karena kami ingin menyoroti kesamaan lintas budaya dan warisan yang mengalir ke lingkungan modern melalui diaspora, kepercayaan, dan situasi. Sudut 'relevansi' ini juga terlihat dalam produksi kami yang akan datang pada April-Mei 2022 seperti 'Have A Nice Date', 'Angel' dan 'Cinta di Balik Awan' yang dikuratori dan diproduksi untuk dapat berbicara kepada penonton yang lebih muda.”

Ketika ditanya tentang nilai-nilai hidupnya, dia menceritakan bagaimana ia mencoba menjalani gaya hidup yang seimbang agar semuanya baik-baik saja. “Meskipun tuntutan pekerjaan saya cukup berat, namun saya mencoba untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, dan yang paling utama yaitu untuk tidak melupakan cinta diri. Kedua, saya percaya pada gagasan bahwa segala sesuatu mungkin terjadi jika Anda memikirkannya. Saya tergolong muda dengan peran yang menantang, tentunya akan terdapat banyak hal yang dapat saya pelajari selama bekerja. Saya kira dengan mengandalkan Tuhan, selangkah demi selangkah, saya dapat menghadapi tantangan ini hari demi hari, ” tambah Clarissa yang berharap dapat menciptakan dan menjalankan bisnis jangka panjang yang berkelanjutan - baik di perusahaan, media, atau mode.

Mengakhiri wawancaranya, Clarissa berterima kasih kepada pahlawan wanita Indonesia RA Kartini atas tekadnya yang tiada henti untuk mendukung pemberdayaan perempuan dan persamaan hak di antara kedua gender. “Untuk era modern, saya merasa ini semua tentang kesempatan yang sama bagi pria dan wanita, dalam hal karier, gaji, serta perlakuan sehari-hari. Semua yang dilakukan pria, wanita juga bisa melakukannya… dengan lebih baik,” tutupnya sambil tertawa.

Acara penghargaan Indonesia’s Beautiful Women ini dapat disaksikan secara langsung melalui platform YouTube majalah HighEnd pada tanggal 12 April 2022, pada pukul 15.00 WIB. Anda dapat mengaksesnya pada link ini.

Photos ISNU DWIMARTANTO
Styling BUNG BUNG MANGARAJA