Share
IBW 2022: Agnes Sutanto Berbicara tentang Kesuksesan yang Berawal dari Passion
Listya Manopo
07 April 2022

Pengusaha wanita Agnes Sutanto selalu dapat mewujudkan visi dan misinya menjadi sesuatu yang sukses dan berguna bagi masyarakat.


Agnes Sutanto adalah bukti nyata bahwa setiap orang dapat mewujudkan mimpinya. Ia adalah pemilik dari Agnes Jewelry dan Tan Group, sebuah perusahaan F&B. Bisnis perhiasannya ia mulai dari ketertarikannya dengan perhiasan dan tampil menarik di setiap kesempatan, dengan mengenakan busana menarik dan memakai perhiasan yang menawan. Dari kebiasaannya ini, banyak temannya meminta tolong untuk dibuatkan juga perhiasan, oleh karena itulah Agnes Jewelry lahir. “Ini dimulai dari niat saya untuk memberi support untuk teman-teman yang meminta saya untuk membuatkan perhiasan unik untuk mereka,” terangnya.

Selain perhiasan, Agnes juga merupakan pemilik beberapa restoran hits di Jakarta, seperti NARA, Kenjiro, Big Brother, Brotherhood dan Neighbourhood. Keterlibatannya di dunia F&B bermula dari anak-anaknya yang sudah beranjak dewasa dan berniat untuk memiliki bisnis sendiri. Maka ia mendirikan Tan Group, di mana di dalamnya terdapat restoran-restoran di atas yang menjadi tempat tujuan para penikmat kuliner di kota Jakarta.
Sebagai pemimpin di perusahaannya, Agnes memiliki sifat melindungi dan mengayomi para karyawannya, karena ia menyadari bahwa mereka memiliki andil besar dalam menjalankan perusahaan tersebut. “Saya sering mengingatkan mereka untuk memiliki sense of belonging terhadap perusahaan. Karena dengan itu, mereka akan fokus dan berusaha yang terbaik dalam bekerja,” sebutnya.

Berbicara mengenai fashion, Agnes selalu tampil maksimal dalam berpakaian. “Yang terpenting adalah terlihat rapi dan menarik. Perhiasan juga akan melengkapi penampilan kita. Untuk wanita seusia saya, perhiasan statement yang besar akan terlihat lebih bagus, namun design-nya harus simpel dan elegan agar tidak terlihat terlalu berlebihan.”

Untuknya, selalu mengembangkan dan mempercantik diri adalah sebuah keharusan. “Saya melakukan berbagai treatment, namun tidak terlalu sering atau berlebihan. Harus diimbangi dengan pikiran yang positif dan sehat, yang pastinya akan mempengaruhi hati, jiwa dan raga menjadi sehat. Apabila badan sehat, muka dan aura kita pastinya akan menjadi bersinar. Jangan lupa untuk berolahraga, favorit saya adalah Pilates yang berguna untuk memperbaiki postur dan menghilangkan keletihan,” jelasnya.

Mengenai emansipasi wanita yang diperjuangkan oleh RA Kartini, Agnes memuji pemikiran maju pahlawan wanita Indonesia tersebut. “RA Kartini memiliki pemikiran yang lebih maju seabad dari zamannya. Ialah yang pertama memiliki ide bahwa wanita sebenarnya setara dengan pria, tidak bertanding, namun sama derajatnya dalam setiap aspek kehidupan. Di pekerjaan, di rumah, di politik dan sebagainya. Kita berhutang banyak pada RA Kartini. Namun, sebagai wanita, jangan juga melupakan peran sebagai ibu dan istri. Seorang ibu adalah pendidik utama anak-anaknya, terutama dalam masa keemasan. Sebab itu, disa dibilang wanita adalah yang menentukan kesuksesan sebuah bangsa.”

Sumber foto: Isnu Dwimartanto
Styling: Bung Bung Mangaraja
Wardrobe: SebastianRed & Peggy Hartanto