IBW 2021: Rani Anggraini, Bersama Sahabat Kartini Membawa Perubahan Positif

Profile28 April 2021

By Annisa Laksmintari

IBW 2021: Rani Anggraini, Bersama Sahabat Kartini Membawa Perubahan Positif

“Kecantikan itu relatif, tapi kecantikan dari dalam akan bersinar. Seorang wanita dengan hati yang luar biasa akan memancarkan keindahan dari dalam.“


Mendedikasikan hidupnya untuk membuat perubahan positif untuk menjadikan dunia sebuah tempat yang lebih baik, Rani Anggraini merupakan sosok yang memiliki hati emas yang kilaunya mengalahkan perhiasan mewah apa pun.

Sebagai ketua komunitas Sahabat Kartini, Rani Anggraini adalah pencetus kebaikan yang menginspirasi dalam banyak hal. Mengambil inspirasi dari pahlawan nasional kita, komunitas ini melanjutkan perjuangan Kartini untuk memberdayakan perempuan lain dan membantu penduduk yang kurang beruntung. “Kartini berjuang melawan buta huruf dan kebodohan. Dia memperjuangkan hak-hak perempuan, dan berjuang agar perempuan lain menerima pendidikan, ”jelasnya. “Kartini berhasil untuk mendorong para wanita untuk menggapai mimpinya. Di negara kita, kini ada begitu banyak wanita lain yang sukses di bidangnya, dan kita bahkan memiliki seorang wanita yang telah mencapai tingkat teratas, seorang presiden."

Di luar Komunitas Sahabat Kartini, Rani juga menjalankan kegiatan kemanusiaannya sendiri. Dia baru-baru ini menjadi berita utama karena melelang sebagian dari koleksi tas bermereknya, yang kemudian disumbangkan dalam bentuk 4.000 paket sembako dan uang saku bagi mereka yang kurang mampu. Rani secara pribadi mendatangi warga di jalanan, di pinggir sungai, kampung nelayan, dan kawasan sekitar rel kereta api. “Saya senang sekali jika hasil penjualan tas bisa disumbangkan. Ini lebih berarti bagi saya untuk dapat membuat orang tersenyum dan memberi mereka sesuatu untuk dimakan, meskipun hanya untuk seminggu.”

Rani yang juga pendiri Yayasan Sosial Bahira ini meyakini bahwa perempuan bisa mencapai hal-hal hebat dengan semangat Kartini, tanpa melupakan tempatnya. “Kartini modern harus pandai, dan mampu menempatkan diri kita dengan baik dalam posisi apapun. Di rumah, kita berperan sebagai istri dan ibu, sedangkan di kantor kita berperan sesuai dengan pekerjaan kita dan berprestasi di bidang kita, dan sebagai sosialita kita mampu membawa dampak positif bagi orang-orang di sekitar kita," simpulnya.