IBW 2021: Dr. Debryna Dewi Lumanauw, Srikandi Garda Depan Pandemi COVID-19

Profile29 April 2021

By Adelia Ayu

IBW 2021: Dr. Debryna Dewi Lumanauw, Srikandi Garda Depan Pandemi COVID-19

Berada di garda depan kesehatan dan mengabdikan hidupnya untuk masyarakat di tengah pandemi global COVID-19, Dr. Debryna Dewi Lumanauw mendefinisikan ‘the power of beauty’ melalui dedikasi dan kebaikannya.


Di tengah pandemi global COVID-19 yang sudah berlangsung selama 2 tahun, ada sosok kartini modern yang mengabdikan hidupnya bagi negara, tanpa pamrih. Sosok tersebut adalah Dr. Debryna Dewi Lumanauw, perempuan hebat yang disorot secara nasional karena pengabdiannya untuk terjun langsung menyelamatkan nyawa pasien dari virus mematikan COVID-19.

Terjun langsung sebagai relawan di area ring satu isolasi COVID-19 diakui Debryna bukanlah hal yang mudah. Selain proses pendaftaran yang rumit, merawat pasien dan menjaga kesehatan tubuh di tempat tersebut merupakan sebuah tantangan besar bagi dirinya.

Sebagai Dokter, Debryna merasa menolong nyawa serta membagi informasi mengenai suatu penyakit untuk mengedukasi masyarakat sudah menjadi tanggung jawabnya. Publik dapat melihat kegiatan dan juga cara para pahlawan medis menangani COVID-19 melalui media sosial pribadi sang Dokter. Di dalam postingannya, Ia menunjukkan interaksi berjarak antara pasien dan staff medis, tips menanggulangi virus tersebut dan kegiatan sehari-harinya selama berada di Wisma Atlet.

Ketangguhan Dr. Debryna dalam pengabdiannya di Wisma Atlet tidak terlepas dari latar belakangnya sebagai salah satu Dokter anggota tim INASAR (Indonesia Search & Rescue). Untuk lolos kualifikasi sebagai Dokter INASAR, kerja Debryna dan tim selalu diaudit oleh United Nations selama 5 tahun, termasuk satu tahun pelatihan. Tidak hanya aktif di dunia medis, Dr. Debryna juga kerap membagikan tips kesehatan, salah satunya melalui hobbynya membuat roti/kue berbasis sourdough.

Sebagai salah satu awardee Indonesia Beautiful Women (IBW) 2021 atas pengabdiannya, Debryna mendedikasikan penghargaan ini kepada seluruh tenaga kesehatan di Indonesia. “Berani melangkah, berpegang teguh pada prinsip dan mengabdikan diri bagi orang lain adalah definisi dari the true beauty of life,” pungkasnya.