Hyperlocal Metafarming Hadir untuk Pertama Kalinya di Plaza Indonesia
Bunga Revina
13 January 2023

Sedikit berbeda dari tenant-tenant sebelumnya, Plaza Indonesia kini menghadirkan GREENS, sebuah konsep restoran yang digabungkan dengan pusat pertanian multidimensi pertama dunia (Hyperlocal Metafarming Station).


Pada akhir Desember 2022 lalu, secara resmi GREENS yang berlokasi di Plaza Indonesia Level 5 diperkenalkan ke publik dan dibuka oleh Bapak Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bapak H. Arief Prasetyo Adi, S.T selaku Kepala Badan Pangan Nasional Republik Indonesia, dan Bapak Tan Boon Piin selaku CEO Plaza Indonesia.

Untuk menarik perhatian para customer, GREENS akan menyajikan Live Salad menggunakan sayuran microGREENS, sayuran yang dirawat secara hyperlocal menggunakan teknologi buatan yaitu GREENS pod sebuah alat khusus yang diciptakan untuk menanam berbagai sumber pangan memiliki inovasi teknologi seperti artificial intelligence (AI), blockchain, dan Internet of Things (IoT).

Kelebihan lain dari alat tersebut adalah dapat mengatur suhu, air, cahaya, kelembaban udara, nutrisi hingga CO2 secara otomatis sehingga dapat memberikan jaminan kebersihan, menjaga kualitas nutrisi hingga memberikan jaminan rasa yang lebih dari segar (fresh) karena sayur-sayuran disajikan dalam keadaan masih hidup. Jenis sayuran ini dapat dipanen di usia 9-15 hari dan memiliki kandungan nutrisi tinggi hingga 39 kali lebih tinggi dibandingkan sayur konvensional.

Erwin Gunawan selaku Co-Founder & Chief Business Officer GREENS menuturkan bahwa “GREENS menawarkan pengalaman kuliner atau dining experience baru dimana setiap konsumen dapat mengetahui asal usul pangan hingga kandungan nutrisi dari menu yang akan dihidangkan. Setiap menu di GREENS juga telah diracik oleh Ahli Gizi GREENS untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi seimbang harian. Ke depannya, konsumen juga dapat menjadi petani secara online-to-offline (O2O) dengan sistem pertanian multidimensi (metafarming) sehingga setiap lapisan masyarakat dapat memiliki sumber pangan yang cukup dan bergizi seimbang.