Share
Humanoid Pertama dari Tesla, Elon Musk: “Bisa Melakukan Apa pun yang Anda Mau!”
Putrika Annaya Salsabila
11 October 2024

Baru-baru ini, Elon Musk memamerkan humanoid pertama dari Tesla yang bernama Optimus.


Dalam acara ‘We Robot’ yang digelar Tesla di California baru-baru ini, beberapa robot humanoid Optimus terlihat berjalan di sekitar lokasi, melayani tamu dengan menyajikan minuman dan membagikan tas hadiah. Kehadiran robot ini menjadi sorotan utama, menunjukkan bahwa Tesla semakin serius mengembangkan teknologi robotika.

Dalam video demo yang ditampilkan di acara tersebut, Optimus juga diperlihatkan menjalankan berbagai tugas rumah tangga, seperti menyiram tanaman dan mengambil paket. CEO Tesla, Elon Musk, dengan antusias menyebutkan bahwa ke depan, robot ini akan mampu melakukan lebih banyak hal dalam kehidupan sehari-hari.

“Optimus akan berjalan di antara kalian. Kalian bisa langsung mendekati mereka, dan mereka akan menyajikan minuman,” katanya. Musk juga menambahkan bahwa robot ini bisa digunakan untuk berjalan-jalan dengan anjing, menjaga anak, hingga memotong rumput.

Lalu, Musk mengungkapkan bahwa harga Optimus diperkirakan akan berkisar antara $20.000 hingga $30.000.

“Saya pikir ini akan menjadi produk terbesar dari jenis apa pun,” ujarnya.

Namun, untuk yang ingin melihat Optimus di rumah atau tempat kerja, tampaknya harus bersabar sedikit lebih lama. Musk menyebutkan bahwa robot ini baru akan siap digunakan secara penuh pada tahun 2026, meskipun kemungkinan Optimus sudah bisa terlihat di pabrik-pabrik Tesla dalam waktu dekat.

Meskipun sempat diragukan dalam debutnya di tahun 2022 ketika robot tersebut masih dikendalikan dari jarak jauh, acara kali ini menunjukkan bahwa Tesla telah berhasil membuat Optimus bergerak secara mandiri.

Selain Optimus, Tesla juga memperkenalkan dua kendaraan otonom terbaru mereka, yaitu Cybercab, taksi tanpa pengemudi yang telah lama dinantikan, dan Robovan, kendaraan otonom yang dapat mengangkut hingga 20 orang. Kedua kendaraan ini semakin mengukuhkan ambisi Tesla untuk menciptakan masa depan transportasi otonom.